Strategi Ekspansi OZco ke Pasar Amerika

Sukses melakukan ekspansi ke pasar Eropa, awal tahun 2019, giliran OZco—produk boneka lokal—mengincar pasar Amerika. Salah satu strategi yang dipilih OZco untuk melakukan ekspansi adalah melalui pameran berkelas internasional. Jika menembus pasar Eropa OZco memanfaatkan pameran “Spielwarenmesse Toys Fair” di Nuernberg-Jerman, maka untuk menggarap pasar Amerika, OZco memanfaatkan pameran mainan "North American International Toy Fair New York 2019”.

Dijelaskan Iwan Tjen, CEO Fors Fortis Corporation, North American International Toy Fair New York 2019 adalah suatu ajang event mainan terbesar di belahan Amerika Utara yang sudah digelar selama 16 kali dan mampu menyedot kurang lebih 30.000 pengunjung. Event yang diikuti oleh 1000 exhibitor pameran mainan dari 100 negara itu, menampilkan puluhan ribu jenis mainan. Mulai dari mainan inovatif, hingga mainan klasik. Tentu saja menjadi potensi pasar yang sangat menjanjikan bagi pelaku bisnis yang ingin menggarap pasar mancanegara.

“Minggu lalu kami baru saja pulang dari pameran Toy Fair New York 2019. Event tersebut merupaan salah satu event industri pameran mainan yang bergensi di Amerika. Dalam rilis resmi yang saya dapatkan, Toy Fair New York yang bekerja sama dengan asosiasi pameran mainan Amerika atau The Toy Association mendorong perputaran uang industri mainan di Amerika ke pasar global kurang lebih senilai US$ 28 miliar,” ujar Iwan dalam siaran persnya.

Ia mengungkapkan, objektif OZco mengikuti pameran Toy Fair New York 2019 yang berlangsung pada pertengahan Februari kemarin, antara lain untuk memperkenalkan beberapa produk OZco, seperti Club Unicorns, Lily & Friends, Paleo World, Ozco Animal Headmount, Animal Outfit Magnet, Say it with a bear, dan OZco Mini Animal series.

“Kami ingin memperkenalkan kepada dunia luar bahwa produk mainan boneka buatan Indonesia juga merupakan salah satu yang terbaik yang siap bersaing dengan produsen negara lainnya. Oelh karena itu, selama di sana, Produk OZco mendapat sambutan yang baik dari para pengunjung dan juga calon pembeli, serta mendapat pengakuan dari komunitas pecinta mainan dan boneka yang ada di sana,” lanjutnya.

OZco telah berekspansi ke pasar Amerika sejak tahun 2016 melalui perusahaannya di Portland Maine. Masuknya OZco ke pasar mainan Amerika, diakui Iwan, menggandeng mitra Dr. Giuseppe Lambardo.

"Produk boneka OZco sangat disukai dan banyak dibeli karena karateristiknya yang unik dan juga kualitasnya sangat bagus. Terbukti saat pameran, banyak pembeli yang mengunjungi stan kami. Untuk di Amerika, saya menargetkan omzet penjualan di tahun 2019 ini sebesar US$ 5 juta," ujar Dr. Giuseppe Lambardo selaku representatif bisnis Iwan Tjen di Amerika.

Selain di Eropa, Amerika, dan Asia, saat ini beberapa produk boneka OZco juga telah ada di Indonesia. “Di Indonesia produk OZco bisa dibeli dengan sistem daring atau online shopping dan juga di beberapa toko mainan serta dijual di ranch market,” ucap Iwan, yang menyebutkan bahwa pertumbuhan bisnis OZco di tahun ini tetap stabil dan tetap memperoleh konsumen yang loyal.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)