Strategi Komunikasi Modena di Masa Pandemi

Kebijakan PSBB (Pembatasan Sosial Berskala Besar) dan anjuran #StayAtHome demi menghambat penyebaran Covid-19, tentu menuntut para pemasar untuk kreatif dalam menghadirkan kampanye pemasaran dan komunikasi.

Tanpa terkecuali PT Modena Indonesia, sebagai penyedia peralatan rumah tangga dengan lini produk cooking, cooling, cleaning, dan professional equipment berdesain elegan khas Eropa.

Dikatakan Senior Vice President Director PT Modena Indonesia Bagus Prastowo, Modena memiliki banyak cara untuk tetap terhubung dan berkomunikasi dengan konsumen. Selain mengoptimalkan seluruh media online seperti website maupun official store untuk menginfomasikan program layanan maupun produk terbaru, Modena juga menggunakan fitur yang dimiliki media sosial sebagai wadah untuk melakukan aktivitas bagi konsumen.

"Melalui akun Instagram @modenaindonesia, Modena melakukan tayangan Instagram Live secara berkala, yang diisi dengan konten-konten yang memberikan manfaat lebih bagi konsumen," paparnya.

Pemanfaatan media sosial, khususnya Instagram, dinilai Bagus, sebagai strategi yang paling ideal untuk mengatasi terbatasnya ruang gerak dalam melakukan aktivitas untuk menyentuh konsumen secara langsung.

"Selain efektif untuk menyiasati masalah terpisahnya lokasi, dalam Instagram Live konsumen juga dapat berkomunikasi langsung melalui kolom komentar, yang akan direspon oleh tim Modena. Dengan demikian, komunikasi dua arah tetap terjalin. Ini sangat sesuai dilakukan pada masa pembatasan sosial seperti sekarang ini," tuturnya.

Pada kegiatan Instagram Live, secara spesifik Modena memilih tema-tema kesehatan, khususnya nutrisi dalam masakan. Dikemas dengan nuansa casual dan menyenangkan, Instagram Live Modena banyak menyajikan demo memasak makanan sehat ala Modena, yang dipandu oleh chef-chef handal. "Bahkan, Modena juga menggandeng para nutrisionis untuk berbagi informasi seputar nutrisi serta bagaimana mengaplikasikan dalam hidangan yang dikonsumsi," sambungnya.

Selain sharing session dan memasak, diakui Bagus, dalam tayangan Instagram Live, Modena juga memanjakan konsumen dengan memberikan harga spesial untuk produk-produknya.

"Penjualan secara online melalui Instagram Live ini juga merupakan adaptasi Modena pada kondisi Low-Touch Economy dimana layanan pembelian, pembayaran, dan pengiriman dilakukan dengan meminimalkan pertemuan secara offline, sehingga konsumen tetap dapat memilki unit Modena yang diinginkan tanpa harus keluar rumah sekalipun," ujar Bagus.

Dia mencontohkan, dalam tayangan Instagram Live pada 15 Mei 2020 mendatang, Modena menawarkan promo menarik, dimana konsumen akan mendapatkan kesempatan untuk berbelanja produk Modena dengan potongan harga hingga 40%. Sebagian hasil penjualan akan digunakan untuk kegiatan donasi terkait Covid-19.

“Selain memberikan kesenangan, kegiatan Instagram Live ini juga menjadi cara kami untuk mengajak konsumen untuk membantu masyarakat yang terdampak pandemi Covid-19. Sehingga, tidak hanya gaya hidup sehat saja yang kami tularkan, namun juga keperdulian terhadap yang membutuhkan," tutupnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)