Setelah layar cembung dan layar datar, kini tren penikmat televisi di Indonesia mulai bergeser ke arah layar televisi berukuran besar. Itu sebabnya, beberapa tahun belakangan ini,  pasar televisi berlayar ukuran besar mulai menjanjikan. Meskipun hingga kini, layar televisi berukuran kecil--32 inchi ke bawah--masih sangat mendominasi dengan berkontribusi 85 hingga 90 persen.

Sharp Aquos 70 Inchi

Menjawab perubahan tren tersebut, PT Sharp Electronics Indonesia memutuskan untuk menghadirkan televisi layar datar LCD berukuran besar. Memulai yang pertama di pasar televisi berukuran besar dengan lebar 60 inchi di tahun 2010, maka tahun 2011 Sharp kembali menghadirkan  Aquos 70 inchi. Di tahun ini, persis di pekan pertama Agustus, Sharp kembali menambah varian televisi berukuran besarnya, Aquos 80 inchi, alias Big Aquos.

Diakui Herdiana, Product General Manager PT Sharp Electronics Indonesia, sejak diluncurkan Aquos 60 inchi dan 70 inchi, minat konsumen terhadap televisi layar besar sangat tinggi. "Ini dibuktikan dengan peningkatan pangsa pasarnya yang melonjak drastis, dari 4,8 persen menjadi 25,9 persen di pasar televisi berlayar besar," ungkapnya.

Selain ingin mendongkrak penguasaan pasar televisi layar besarnya menjadi 35 persen, kehadiran Aquos 80 inchi diharapkan dapat menancapkan image bahwa big screen sama dengan Sharp. Hal itu selaras dengan tagline Aquos berlayar besar, "Bigger is Better".

Ditargetkan Herdiana, "Kehadiran Aquos 80 inchi mampu membuat penjualan televisi layar besar kami mencapai 1000 unit per bulan, dengan penjualan Aquos 80 inchi sebesar 80 unit per bulannya. Sampai saat ini, penjualan televisi layar besar kami, Aquos 60 dan 70 inchi masih di bawah 1000 unit per bulan."

Soal fitur, seperti pendahulunya, Aquos 80 inci masih mengusung teknologi Quatron, yakni dengan menambahkan warna kuning pada teknologi tiga warna dasar--red, green, dan blue. Dengan demikian, dapat menghasilkan kualitas gambar yang sangat nyata dan menakjubkan.

Fitur lain dari  produk baru ini adalah 3D Auto Change yang membuat pengguna tidak perlu lagi mengatur pola 3D yang tepat, seperti side by side atau dari 2D ke 3D. Lantaran, secara otomatis akan menyesuaikan dengan tampilan gambar di TV. Konsumen pun dapat mengakses internet melalui Big Aquos 80 inchi ini. Termasuk, menikmati musik, gambar, dan video yang disimpan dalam USB ataupun smartphone, hanya dengan menghubungkan kabel mobile high-definition link dari smartphone ke TV.

Marketing and Sales Senior General Manager PT Sharp Electronics Indonesia Shinji Teraoka mengharapkan, kehadiran Aquos 80 inchi juga dapat menjadikan Sharp menjadi brand nomor satu di pasar LCD TV di Tanah Air.

Beragam upaya marketing dan komunikasi siap digelar Sharp demi mempopulerkan sekaligus mencapai obyketif yang sudah dipatok di awal. Antara lain, dengan menggandeng artis bernama besar Ahmad Dhani sebagai brand ambassador Aquos 80 inchi. "Kami akan menayangkan iklan televisi, cetak, hingga billborad. Selain itu, kami juga akan melakukan display di sejumlah showroom dan in-store, sehingga calon konsumen dapat merasakan langsung kenikmatan dari Aquos 80 inchi," lanjut Herdiana, yang menyebutkan Aquos 80 inci dibandrol dengan harga Rp 88 juta.

Tak ketinggalan, Sharp juga akan menggelar kampanye digital dengan meluncurkan whatiseighty.com. Di sana, imbuh Herdiana, akan digelar sejumlah aktivasi digital yang melibatkan langsung para penikmat televisi.

Leave a Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)