Sejak kehadiran serta keikutsertaannya di Indonesia International Motor Show (IIMS) pada September 2012 silam, perusahaan otomotif asal India Tata Motors, semakin giat melakukan ekspansi pasar di Indonesia. Hal yang dilakukan oleh Tata Motors Indonesia jelas terlihat dari besarnya animo calon mitra dealer yang sudah mencapai 405 peminat di seluruh Indonesia.
Target 15 dealer Tata Motors Indonesia di 2013, rencananya akan dilengkapi dengan fasilitas 3S (Sales, Service, Spareparts) yang telah disesuaikan dengan standar identitas korporat yang dipersyaratkan Tata Motors Limited.
“Tim pengembangan jaringan dealer kami, melaporkan telah mendapatkan tidak kurang dari 405 peminat yang ingin menjadi mitra bisnis Tata Motors Indonesia dan ingin menjajaki kemungkinan membuka dealer resmi Tata Motors di daerahnya masing-masing di seluruh Indonesia,” ujar Biswadev Sengupta, President Director PT Tata Motors Indonesia.
Ia menerangkan, pihaknya akan segera mempelajari, menseleksi dan menindaklanjuti secara formal proposal calon dealer resminya. “Tim kami sedang intensif bertemu, menseleksi data dan mempresentasikan profil serta rencana bisnis Tata Motors di Indonesia kepada masing-masing calon mitra dealer kami,” tutur Biswadev dalam siaran pers yang diterima MIX.
Dalam rencana bisnisnya di Indonesia, Tata Motors Indonesia mengusung semangat Smart Solutions for Mobility Needs atau solusi cerdas untuk kebutuhan mobilitas masyarakat. Di Indonesia sendiri, Tata Motors berencana memasarkan produk kendaraan penumpang dan komersial.
Oleh karena itu, lanjut Biswadev, di akhir kuartal I tahun 2013, Tata Motors Indonesia akan melakukan peluncuran produk dan mulai memasarkan produknya.
“Sebagai awal, di kuartal 1 tahun 2013 kami akan memiliki 15 dealer dengan fasilitas 3S, sales-service-spareparts, yang sesuai standar identitas korporat yang dipersyaratkan Tata Motors Limited. Dan tentunya fasilitas tersebut harus layak pelayanan dan kenyamanannya sesuai harapan calon pembeli produk Tata Motors,” tutup Biswadev.