Teknologi Livestreaming Lazada Picu Kenaikan Penonton dan Penjualan

Teknologi livestreaming Lazada sukses menarik lebih dari 27 juta penonton dari enam negara di Kawasan Asia Tenggara pada sepanjang April 2020 lalu. Tingginya jumlah penonton itu melalui teknologi livestreaming Lazada terjadi juga di Tanah Air. Terbukti, terjadi kenaikan jumlah penonton di Indonesia sebesar 25% di sepanjang Mei dibandingkan jumlah angka penonton channel LazLive pada April 2020.

Sementara itu, sepanjang April, total angka GMV yang dihasilkan melalui LazLive meningkat 45% dari bulan ke bulan. Ini membuktikan bahwa teknologi livestream Lazada mampu membantu meningkatkan penjualan brand dan juga seller individu, meskipun adanya peraturan PSBB (Pembatasan Sosial Berskala Besar) dan juga anjuran karantina mandiri di seluruh kawasan Asia Tenggara.

Dikatakan Pierre Poignant, Chief Executive Officer Lazada Group, dengan memanfaatkan teknologi mutakhir Alibaba, Lazada menjadi standard tertinggi di Kawasan Asia Tenggara dalam menghadirkan pengalaman terbaik untuk teknologi livestreaming.

Menurutnya, Lazada merupakan satu-satunya platform eCommerce di Asia Tenggara yang menawarkan fitur 'See-Now-Buy-Now' (Lihat-Sekarang-Beli-Sekarang) melalui LazLive. Hal ini yang mendorong lebih banyak penonton kembali menonton LazLive di hari berikutnya, sehingga mencetak angka lonjakan kunjungan per hari sebanyak 40% sejak April.

“LazLive menerapkan sistem inklusif (closed loop) untuk transaksi dalam aplikasi, yang memungkinkan transaksi lebih tinggi dan pengalaman yang lebih baik bagi konsumen. Krisis kesehatan masyarakat saat ini mendorong meningkatnya keinginan akan sebuah pengalaman belanja digital yang baik. LazLive merupakan teknologi berharga bagi brand dan seller untuk berinteraksi dengan konsumen di tengah kondisi normal baru,” tegas Pierre.

Pada akhir Juni, ia menargetkan peningkatan frekuensi sesi LazLive sebesar 50% dan total kenaikan penonton sebesar 40% dibandingkan saat ini. "Kami akan terus membantu para pelaku usaha untuk senantiasa membangun hubungan dengan konsumen melalui teknologi yang inovatif, saat terjadi perubahan perilaku konsumen dan praktek usaha di seluruh Asia Tenggara akibat Covid-19," tandas Pierre.

Sejatinya, semakin banyak brand dan seller yang telah mengadopsi LazLive sebagai alat yang efektif untuk memperluas arus pemasukan. Contohnha di Thailand, lebih dari 90.000 penonton menyaksikan salah satu sesi LazLive milik Shiseido. Sesi tersebut berhasil meningkatkan GMV sebanyak 40 kali lipat dibandingkan dengan jam normal. Produk-produk dengan harga khusus di LazLive terjual habis dalam 30 menit pertama.

Sementara di Indonesia, smartphone Xiaomi berhasil meningkatkan pengikut di official store hingga ribuan jumlahnya setelah mereka menggunakan channel LazLive baru-baru ini untuk seri Redmi terbarunya.

Untuk mendorong agar lebih banyak brand dan seller dapat tetap berinteraksi dengan konsumen selama periode PSBB ini, Lazada menawarkan paket eksklusif untuk sellers. Termasuk di antaranya kemudahan untuk dilihat, peluang pembelajaran online terpadu, dan episode livestreaming gratis ditawarkan kepada para peserta baru di LazLive.

Pada April ini, jumlah akun baru LazLive telah meningkat sebesar 70% dibandingkan dengan bulan normal. Di Indonesia sendiri, saat ini sudah terdapat lebih dari 12.000 akun yang mendapatkan akses LazLive di bulan Mei. Angka ini menunjukkan kenaikan akun pengguna LazLive hampir lebih dari 2x lipat dibanding total keseluruhan akun pengguna LazLive di tahun 2019.

Di Indonesia, konten LazLive beragam setiap harinya untuk menghibur dan memuaskan minat semua konsumen Indonesia terutama di kala periode anjuran tinggal di rumah, si pecinta elektronik dan gadget (Tech Junkie), penggemar e-sport (Cyber Combat), ratu/raja dapur (Dapur Lazada), bahkan beauty enthusiast (Beauty World).

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)