Categories: News Trend

TikTok Luncurkan Platform Beriklan untuk Segmen UMKM

UMKM (Usaha Mikro Kecil Menengah) merupakan segmen yang berkontribusi cukup signifikan terhadap PDB Indonesia. Dari total 60 juta UMKM yang ada di Tanah Air, kontribusinya mampu mencapai 60,3% terhadap total PDB. Bahkan, UMKM mampu menyerap 90% karyawan atau tenaga kerja. Sayangnya dari total UMKM tersebut, baru 13,3% atau 8 juta UMKM yang memanfaatkan platform digital.

Sementara itu, pengguna TikTok di Indonesia membuka lebih dari 100 video per harinya dan mencapai lebih dari 30 juta view per bulannya. Bahkan, rata-rata pengguna membuka aplikasi TikTok lima kali per hari. “Dan, konten yang paling popular di TikTok Indonesia adalah komedi, edukasi, Vlog, fesyen, dan Talent,” tutur Pandhu Wiguna, Direct Sales Leader TikTok Indonesia, pada saat press conference virtual yang digelar hari ini (10/7).

Laporan McKinsey juga menyebutkan tentang sentimen konsumen Indonesia selama pandemi, yang mengatakan bahwa 54% konsumen menghabiskan lebih banyak waktu mengkonsumsi konten video. Selanjutnya, merujuk data SEA Insights, terjadi peningkatan 160% revenue dan 110% produktivitas dengan mengadopsi digital.

Fakta itulah yang mendorong TikTok, platform video singkat, merilis platform self-serve TikTok for Business. Melalui program ‘Back-To-Business’, TikTok juga ingin membantu UMKM di dunia, termasuk di Indonesia, dalam menghadapi krisis akibat pandemi Covid-19.

“Platform self-serve yang kami luncurkan ini merupakan evolusi dari TikTok sebagai solusi periklanan masa kini. Dengan akses yang mudah dan fleksibel yang diberikan platform ini, UMKM pun dapat segera melakukan digitalisasi dan membangkitkan kembali bisnisnya di masa new normal ini dan seterusnya,” ucapnya.

Melalui TikTok for Business self serve, pebisnis bisa memanfaatkan berbagai kemudahan. Antara lain, Creative tools, yakni serangkaian tools yang memungkinkan pemasar merasakan kreativitas dan orisinalitas komunitas TikTok saat menceritakan kisah produk atau layanan mereka. “Fitur ini juga dilengkapi dengan Video Creation Kit, Smart Video Soundtrack, dan TikTok Adstudio,” terang Pandhu.

Platform baru dari TikTok ini juga menawarkan Flexible budgets, di mana TikTok for Business dirancang untuk memungkinkan perusahaan dari berbagai level dan kategori untuk menyesuaikan pengeluaran mereka kapan saja.

“Di platform ini juga ada Performance targeting. Dengan demikian, memungkinkan pengiklan menemukan audiens yang tepat dan konsumen baru. Selain itu, ada Business account, dimana TikTok juga memperkenalkan akun bisnis yang memberikan alat tambahan untuk mengakomodasi kebutuhan bisnis guna menganalisis keterlibatan dan performa bisnis terhadap audiens,” lanjut Pandhu.

Selain meluncurkan platform self-serve, TikTok juga melanjutkan komitmennya untuk mendukung pelaku UMKM di masa Covid-19 dengan meluncurkan program “Back-to-Business” di berbagai negara di dunia. “Melalui program ini, para pelaku usaha akan memiliki kesempatan untuk beriklan di TikTok dengan kredit sebesar US$ 300 untuk digunakan hingga 31 Desember, 2020,” pungkasnya.

Dwi Wulandari

Recent Posts

Ramaikan Pasar Kuliner di Indonesia, Ayam Cap Nikmat dan Jus Aja! akan Buka Peluang Kemitraan

MIX.co.id - PT Mitra Boga Ventura (MBV Group) resmi meluncurkan brand kuliner terbarunya, Ayam Cap…

13 hours ago

Sharp Umumkan Pemenang Program “Sharp Lovers Day-Fiestapora”

MIX.co.id - Program "Sharp Lovers Day-Fiestapora" baru saja berakhir pada penghujung Maret 2024 lalu. Sukses…

1 day ago

MGID Raih Penghargaan “Asia-Pacific Stevie Awards 2024”

MIX.co.id - Platform periklanan global MGID berhasil menyabet penghargaan Bronze Stevie® Awards di ajang "Asia-Pacific…

1 day ago

MPMInsurance Edukasi Pentingnya Memiliki Asuransi Kendaraan

MIX.co.id – Perusahaan asuransi umum MPMInsurance, anak perusahaan PT Mitra Pinasthika Mustika Tbk. mengedukasi pentingnya…

2 days ago

Kinerja Solid, Prudential Tumbuh 15 Persen Sepanjang 2023

MIX.co.id – Kinerja apik berhasil ditorehkan PT Prudential Life Assurance (Prudential Indonesia) dan PT Prudential…

2 days ago

PropertyGuru Indonesia Property Awards 2024 Hadirkan Kategori Baru

MIX.co.id - Program "PropertyGuru Indonesia Property Awards" akan kembali digelar pada 23 Agustus 2024 mendatang…

2 days ago