Upaya Danamon Revitalisasi Pasar Tradisional

Yayasan Danamon Peduli (“Dananmon Peduli”) menggelar Kampanye Nasional 2015 dengan tema “Mengembalikan Pasar Rakyat Menjadi Primadona Perekonomian Indonesia”. Sebagai salah satu rangkaian kegiatan dari kampanye tersebut, pada hari Minggu (15/3) Danamon Peduli menyelenggarakan Festival Pasar Rakyat di Kota Metro, Lampung.

Foto 1 Pasar Basah

Danamon Peduli menyelenggarakan Festival Pasar Rakyat di Kota Metro, Lampung.

Bertempat di Pasar Tejoagung Kota Metro, Festival Pasar Rakyat berbagai kegiatan digelar seperti lomba masak olahan ikan, lomba mural melukis tong sampah untuk pelajar, dan penghijauan pasar dengan gerakan “Satu Pedagang Satu Pohon.” Pada pelaksanaan festival ini, Danamon Peduli turut menggandeng Indofood, Kecap Bango, Kelana Rasa, dan MP Pro.

Penyelenggaraan festival di Pasar Tejoagung ini sendiri sekaligus memanfaatkan momentum peresmian Unit Percontohan Program Pasar SEJAHTERA ( Sehat, Hijau, Bersih, Terawat). “Festival Pasar Rakyat dan peresmian Unit Percontohan Pasar SEJAHTERA di Pasar Tejoagung merupakan kelanjutan dari komitmen kami untuk merevitalisasi pasar tradisional dengan memberdayakan pelaku pasar dan berkerja sama dengan Pemerintah dan otoritas setempat. Skema public-private partnership ini menjamin kesinambungan dari program ini, sehingga pelaku pasar dan masyarakat sekitarnya dapat terus menerima manfaat dari program ini,” kata Restu Pratiwi, Ketua dan Direktur Eksekutif Yayasan Danamon Peduli

Program Pasar SEJAHTERA sendiri telah diadakan sejak tahun 2010. Fokus utama program ini terletak pada revitalisasi fisik pasar dan revitalisasi non fisik seperti peningkatan kapasitas kelembagaan dan edukasi untuk peningkatan kesadaran perubahan perilaku hidup bersih dan sehat. Pada tahun kelima pelaksanaannya, Danamon Peduli memfokuskan pelaksanaan program pada aspek promosi, yakni mendorong pasar rakyat agar mampu bersaing dengan pasar ritel modern yang diharapkan dapat memenangkan hati masyarakat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)