Upaya Frisian Flag dalam Menjaga Kepercayaan Pelanggan

Meramaikan Hari Pelanggan Nasioanl 2020, PT Frisian Flag Indonesia kembali menunjukkan komitmennya dalam memberikan layanan terbaik kepada para pelanggan. Antara lain, dengan menyediakan produk-produk yang bergizi sekaligus menghadirkan informasi seputar gizi dan kebaikan susu.

Diungkapkan Corporate Affairs Director PT Frisian Flag Indonesia Andrew F. Saputro, Hari Pelanggan Nasional adalah momen penting bagi Frisian Flag Indonesia (FFI) untuk terus menjaga kepercayaan dengan menyediakan produk dan layanan terbaik kepada pelanggan.

“FFI terus berinovasi untuk memproduksi minuman susu berkualitas serta meningkatkan layanan agar pelanggan mudah mendapatkan produk kami. Meskipun masyarakat dihadapkan pada keterbatasan mobilitas dengan adanya Adaptasi Kebiasaan Baru (AKB), produk-produk Frisian Flag tetap mudah diperoleh agar pelanggan dapat terus menyediakan minuman bergizi untuk diri dan keluarganya,” paparnya.

Pandemi Covid-19 tidak hanya berdampak pada dunia usaha, tetapi juga mengubah perilaku pelanggan di seluruh dunia. Merujuk laporan “Tinjauan Big Data 2020 terhadap Dampak COVID-19” oleh Badan Pusat Statistik (BPS), penjualan online di Indonesia pada Februari-Juli 2020 meningkat tajam dibanding penjualan di Januari 2020. Penjualan online di Indonesia melonjak 320% di Maret 2020 dan 480% di April 2020.

Menurut lembaga survei konsumen Nielsen, 30% konsumen merencanakan untuk lebih sering berbelanja secara online sejak pandemi Covid-19 merebak. Hal ini sejalan dengan riset Departemen Ilmu Keluarga dan Konsumen, Fakultas Ekologi Manusia, IPB pada 1.126 keluarga di 27 propinsi di Indonesia pada Mei 2020, yang mengindikasikan peningkatan frekuensi pembelian online meningkat pada 35,3% keluarga Indonesia. Selain itu, alokasi pengeluaran keluarga juga meningkat pada pangan pokok sebesar 61,1%, perlengkapan kesehatan dan sanitasi/kebersihan sebesar 76% serta vitamin/suplemen sebesar 55%.

Melihat tren ini, Dosen Departemen Ilmu Keluarga dan Konsumen IPB Dr. Megawati Simanjuntak, SP, MSi mengatakan, “Senada dengan survei konsumen di atas, produk kesehatan seperti makanan sehat, suplemen, minuman kaya gizi seperti susu dan yoghurt, menjadi barang yang paling dicari, karena saat ini konsumen lebih fokus pada produk-produk yang memiliki nilai bagi kesehatannya.”

Meningkatnya kesadaran masyarakat untuk menjaga kesehatan diri dan keluarga, menurut Ketua Pusat Kajian Gizi dan Kesehatan (PKGK) FKM Universitas Indonesia Ir. Ahmad Syafiq, M.Sc. Ph.D adalah sebuah perubahan positif. “Di tengah AKB, masyarakat mau tidak mau harus beradaptasi dan terus mencari informasi tentang kesehatan termasuk gizi. Dalam situasi seperti ini, muncul kesadaran mengenai pentingnya menjaga imunitas tubuh sebagai hal yang utama dengan secara teratur mengasup makanan bergizi. Antara lain, yang berasal dari sumber protein hewani yang banyak ditemui dari susu, beragam jenis daging, dan telur.”

Sebagai mitra keluarga Indonesia selama 98 tahun, Frisian Flag juga giat menyebarkan informasi untuk menjaga Kesehatan diri dan keluarga khususnya tentang asupan gizi seimbang dan gaya hidup sehat di masa AKB.

“Literasi gizi untuk kesehatan diri dan keluarga sangat penting sebagai dasar pemahaman bagi perubahan perilaku dalam membangun keluarga Indonesia yang kuat. Sebagai bangsa, kita harus membangun diri menjadi bangsa yang lebih baik yang menghargai dan menjaga kesehatannya,” imbuh Andrew.

Guna memenuhi layanan kepada pelanggan di seluruh Indonesia, Frisian Flag telah berkolaborasi dengan perusahaan-perusahaan e-commerce. Sejak Mei 2020, Frisian Flag juga melayani program Home Delivery Service di beberapa area terpilih.

“Selain memastikan ketersediaan produk, kami juga memberikan informasi seputar gizi dan kebaikan susu melalui aset digital Frisian Flag, baik media sosial maupun website. Termasuk, menyediakan konsultasi seputar produk melalui Toll free Layanan Peduli 0- 800-1821406 atau via email layanan.peduli@frieslandcampina.com,” tutupnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)