Upaya Tokio Marine Life Insurance Tingkatkan Literasi Asuransi

Survei Nasional Literasi Keuangan yang dilakukan Otoritas Jasa Keuangan (OJK) pada 2019 lalu menunjukkan bahwa tingkat literasi keuangan di Indonesia, khususnya di sektor asuransi jiwa, masih tercatat rendah. Indeks Literasi Asuransi hanya 19,4%. Itu artinya, lebih rendah dari Indeks Literasi Perbankan yang mencapai 36,12%.

Rendahnya tingkat literasi asuransi mendorong Tokio Marine Life Insurance Indonesia menggelar Webinar bertajuk “Bijak Memilih Asuransi Yang Tepat dan Aman”. Digelar pada hari ini (28/4), program ini bertujuan untuk memberikan edukasi kepada masyarakat agar lebih memahami produk dan perusahaan asuransi yang kredibel dan bereputasi demi menghindari berbagai permasalahan terkait asuransi di kemudian hari.

Dituturkan Muhammad Irsan, Head of Agency Training & Manpower Development PT Tokio Marine Life Insurance Indonesia, munculnya berbagai keluhan pemegang polis di media sosial dan terjadi di tengah situasi pandemi Covid-19, menunjukkan perlunya semua pihak di industri asuransi untuk terus melakukan sosialisasi dan edukasi kepada masyarakat tentang pentingnya memahami fungsi asuransi jiwa sebagai sarana perlindungan dan perencanaan keuangan keluarga masa depan.

“Perusahaan asuransi juga sudah seharusnya memastikan bahwa para tenaga pemasarnya telah tersertifikasi dan memiliki pengetahuan produk yang baik, sehingga mampu memasarkan seluruh produk yang dijual sesuai aturan yang berlaku,” sarannya.

Di Tokio Marine Life Insurance Indonesia, lanjutnya, sudah ada program pelatihan berkala untuk para tenaga pemasar. “Bahkan, kami secara khusus juga mengundang trainer profesional untuk memberikan program pelatihan yang komprehensif sebagai bekal para tenaga pemasar kami agar mereka dapat menjual produk dengan cara yang benar,” yakinnya.

Saat ini, Tokio Marine Life Insurance Indonesia juga telah berinovasi dengan melakukan pengembangan aplikasi Activity Management System (AMS) untuk penjualan Non Face to Face (NF2F). “Tujuan dari AMS NF2F ini adalah untuk menjadikan para tenaga pemasar sebagai kepanjangan tangan Tokio marine Life Insurance Indonesia dalam membantu masyarakat Indonesia untuk memenuhi kebutuhan asuransinya tanpa risiko tertular virus Covid-19,” kata Irsan.

Aplikasi AMS NF2F ini juga mendukung para tenaga pemasar Tokio Marine Life Insurance Indonesia dalam mencapai targetnya. Mulai dari memantau aktivitas penjualan, melakukan pengisian SPAJ secara daring, proses approval di Underwriting hingga Polis terbit dan diterima oleh Nasabah. “Harapannya melalui AMS NF2F ini, para tenaga pemasar tetap semangat untuk mencapai target dan calon nasabah pun merasa lebih aman serta nyaman berinteraksi dengan agennya walau di masa pandemi,” harap Irsan.

Ditambahkan Ketua Lembaga Sertifikasi Profesi Financial Planning Standards Board Indonesia (LSP FPSB) Tri Djoko Santoso, polis asuransi jiwa fungsi utamanya adalah proteksi keuangan menyeluruh, yaitu melindungi keuangan keluarga karena hilang atau berkurangnya penghasilan (income protection) dan kekayaan (wealth protection) seorang pencari nafkah atau pemilik kekayaan, karena sebab meninggal, kecelakaan, sakit dan cacat. “Dalam perencanaan keuangan, polis asuransi jiwa memiliki peran sangat penting bagi keluarga dari sejak seorang mulai bekerja (income and debt protection), menikah, memiliki anak sampai meninggal (warisan),” ujarnya.

Sementara itu, menurut Senior Vice President PT Schroders Investment Management Indonesia Adrian Maulana, dalam hal berinvestasi, calon investor atau pemegang polis harus lebih dahulu mengenal produk investasi dan profil risiko dari nasabah. Sebab, tingkat risiko dari setiap jenis instrumen investasi itu berbeda-beda dan disesuaikan dengan profil risiko nasabah.

“Di sisi lain, peran perusahaan asuransi juga perlu untuk memberikan edukasi kepada calon investor atau pemegang polis, karena mereka mempunyai hak untuk berinvestasi sesuai dengan profil risikonya. Kedua unsur ini sangat penting agar tidak muncul dispute di kemudian hari,” tandas Adrian.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)