Visa dan Bank Mandiri berkolaborasi mengkampanyekan penggunaan pembayaran contactless sebagai cara membayar yang aman dan praktis, terutama di masa pandemi Covid-19. Kampanye digelar pada hari ini (17/9) dalam format webinar bertajuk “Pembayaran Contactless, Tren yang Makin Diminati di Era Digital”, yang diikuti oleh media.
Diungkapkan Senior Vice President Credit Card Group PT Bank Mandiri (Persero) Tbk. Lila Noya, perilaku konsumen bergeser signifikan akibat pandemi Covid-19. “Bank Mandiri sangat menyadari perubahan pola transaksi dan kebutuhan konsumen, khususnya di masa pandemi ini, yang mendorong kami untuk lebih berkreasi guna mewujudkan transaksi perbankan, termasuk pembayaran, yang lebih aman dan praktis.”
Dengan meningkatnya pemahaman teknologi digital, security dalam bertransaksi, serta faktor higienis saat berbelanja untuk kebutuhan harian atau kebutuhan esensial lainnya, menurutnya, saat ini konsumen cenderung memilih pengalaman membayar di toko yang aman dan meminimalisir kontak fisik. “Pembayaran contactless inilah yang ditawarkan oleh kartu Mandiri Visa contactless,” katanya.
Para pemegang kartu Mandiri Visa contactless hanya perlu tap kartu mereka di kasir untuk transaksi hingga Rp 1 juta tanpa perlu otentikasi PIN. Bahkan, beragam kartu Mandiri Visa contactless juga menawarkan level keamanan tertinggi yang diberikan oleh kartu berbasis chip EMV. “Setiap transaksi juga dilengkapi dengan kode sekali pakai (one time password), spesifik per transaksi, sehingga melindungi informasi pembayaran yang sensitif,” urai Lila.
Ditambahkan President Director PT Visa Worldwide Indonesia Riko Abdurrahman, kebiasaan nontunai terbentuk secara cepat dan diperkirakan akan tetap diminati di era serba digital saat ini. “Berdasarkan studi terbaru kami, 62% konsumen Indonesia memilih membayar menggunakan kartu kredit, kartu debit, dan aplikasi mobile, dibandingkan uang tunai, saat berbelanja kebutuhan esensial di toko akibat pandemi,” ucapnya.
Lebih jauh Riko menerangkan, akhirnya konsumen menjadi lebih terbiasa dengan perdagangan yang serba digital dan menggunakan pembayaran contactless untuk kebutuhan sehari-hari mereka. “Kami senang Bank Mandiri memiliki visi yang sama dengan Visa untuk memperluas awareness, adopsi, dan penggunaan kartu contactless dalam menjawab kekhawatiran para pemegang kartu dari segi keamanan berbelanja,” akunya.
Saat ini, semua kartu berlogo Visa yang diterbitkan oleh Bank Mandiri telah mencapai 1,2 juta kartu dan seluruh tipenya telah dilengkapi teknologi contactless. Adapun koleksi Mandiri Credit Card dengan teknologi contactless itu meliputi Mandiri Signature Card, Mandiri Platinum Card, Mandiri Golf Card (Signature & Platinum), Mandiri Gold & Classic Card, Mandiri Traveloka Card, dan Mandiri Hypermart Card.
“Para pemegang kartu yang ingin mengganti kartu mereka menjadi kartu berteknologi contactless dapat menghubungi Mandiri call center melalui 14000 atau kunjungi bmri.id/contactless untuk menemukan beragam promo yang atraktif,” tutup Lila.