Di usianya yang memasuki dua dekade (dua puluh tahun), PT XL Axiata Tbk (XL) makin giat meningkatkan kualitas jaringan 4G LTE-nya. Salah satu caranya, dengan mulai mengimplementasikann teknologi 4T4R 4x4 MIMO. Sejatinya, teknologi itu digunakan untuk memaksimalkan kinerja layanan 4G LTE milik XL. Dengan teknologi tersebut, kecepatan akses internet akan bisa ditingkatkan hingga hampir 2 kali lipat serta koneksi pun jauh lebih stabil.
“Saat ini dan ke depan, XL fokus pada layanan 4G LTE. Selain terus memperluas cakupan wilayah layanan, kami juga terus berupaya memaksimalkan performa dengan menerapkan inovasi teknologi 4G LTE guna meningkatkan experience pelanggan dan kapasitas jaringan. Sebelumnya, kami sudah melakukan ujicoba teknologi 4,5G lainnya, yaitu LTE Carrier Aggregation dengan tiga frekuensi 900 MHz, 1800 MHz, dan 2100 MHz. Kemudian, juga melakukan ujicoba LTE-LAA (License Assisted Access),” kata Direktur Service Management Officer XL Yessie D. Yosetya, hari ini (12/10), di Jakarta.
Kini, XL telah menerapkan teknologi 4T4R 4x4 MIMO di beberapa kota utama di Indonesia. Sebut saja, Jabodetabek, Bandung, Surabaya, dan Denpasar. Langkah perluasan implementasi teknologi 4T4R 4x4 MIMO akan terus dilakukan XL sebagai awal untuk penyelenggaraan layanan 4,5G. “Kami sadar, teknologi akan terus berkembang dengan cepat. Itu sebabnya, kami pun harus menyesuaikan diri agar selalu terdepan dalam inovasi teknologi ini. Semua hal ini kami lakukan antara lain sebagai bagian dari upaya kami memberikan layanan yang paling maksimal untuk pelanggan dan masyarakat,” tegas Yessie.
Sejalan dengan keinginan pemerintah untuk bisa menerapkan teknologi 4,5G di Asian Games 2018, lanjut Yessie, maka implementasi 4T4R oleh XL sekaligus sebagai langkah awal menuju ke pemenuhan harapan tersebut. “XL berkomitmen, hingga tahun 2018, akan mampu mengimplementasikan teknologi 4,5G secara lebih luas. Termasuk, di kota-kota penyelenggara Asian Games, yaitu Palembang dan Jakarta,” yakinnya.
Sementara itu, dalam rangka meningkatkan manfaat layanan 4G LTE untuk pelanggan dan masyarakat, saat ini XL telah menghadirkan layanan upgrade kartu 4G secara mudah dan aman, yakni dapat dilakukan sendiri oleh pelanggan XL. “Dengan layanan tersebut, pelanggan bisa mengganti sendiri kartu SIM lama mereka menjadi kartu USIM 4G, tanpa harus datang ke outlet resmi XL seperti XL Center. Pelanggan XL sudah mulai bisa memanfaatkan layanan ini sejak akhir Oktober 2015,” ujar Yessie.
Hingga saat ini, tambah Yessie, jumlah pelanggan XL yang telah beralih menggunakan kartu USIM 4G sudah mencapai lebih dari 10 juta pelanggan. Jumlah tersebut akan terus bertambah seiring dengan semakin mudahnya adopsi kartu USIM 4G, serta semakin meluasnya layanan 4G ke kota-kota baru di Indonesia.
“Selain itu, minat pelanggan untuk beralih ke layanan 4G terus meningkat seiring dengan semakin bertambahnya kesadaran pelanggan dan masyarakat untuk mendapatkan manfaat dari layanan 4G yang menghadirkan kecepatan dan kestabilan akses internet yang lebih baik,” tutup Yessie, yang menyebutkan bahwa jumlah pelanggan 4G XL telah mencapai lebih dari 8 juta pelanggan.