2014, Market Size Cat Tembus Rp 15 Triliun

Seiring dengan pertumbuhan gedung dan hunian di Indonesia, pasar cat juga mengalami peningkatan. Menurut data MARS Indonesia, total nilai bisnis cat di Indonesia mencapai Rp 13,8 triliun. Tahun 2014 ini, pasar cat diprediksi menembus Rp 15 triliun. Dijelaskan Brand Strategy Marketing Avitex Andy Gusena, tak kurang dari 60 merek memperebutkan total bisnis di pasar cat Tanah Air. Semetara, dari total nilai bisnis tersebut, 60%-nya dikontribusi oleh jenis cat dekoratif.

Sekitar 60 merek cat memperebutkan total bisnis di pasar cat Tanah Air yang tahun ini diprediksi mencapai Rp 15 triliun, dimana 60%-nya dikontribusi oleh jenis cat dekoratif.

Sebagai salah hsatu pemain besar di industri cat, Avitex tak tinggal diam. Demi membesarkan bisnisnya, jelang Ramadhan ini, Avitex mengambil langkah re-positioning. “Re-positioning kami lakukan untuk menciptakan image Avitex yang lebih berkelas dengan kualitas yang lebih terjaga,” tambahnya.

Dalam rangkaian re-positioning itu, Avitex juga meluncurkan kampanye sekaligus iklan barunya dengan tagline “Avitex, Cat Kebanggaan Orang Hebat”. Dalam kampanye itu, Avitex mengedepankan empat profesi hebat yang selama ini menjadi influencer dalam keputusan pembelian cat. Keempat profesi itu adalah desain interior, arsitektur, kontraktor, dan tukang cat.

“Jika di luar negeri setiap orang mengecat sendiri rumahnya, maka di Indonesia orang meminta bantuan pihak lain untuk mengecat rumahnya. Tak mengherankan, jika influencer atau keputusan pembelian cat dapat dipengaruhi oleh pihak lain. Dalam hal ini, desain interior, arsitektur, kontraktor, dan tukang cat,” katanya.

Ditambahkan Andy, ada tiga faktor utama mengapa orang Indonesia mengecat rumahnya. Yaitu, adanya rumah baru, cat lama sudah kusam, dan adanya momentum—Lebaran misalnya. Oleh karena itu, selain melakukan re-positioning, Avitex juga siap mengelar aneka promosi jelang Ramadhan tahun ini.

“Avian sangat memahami selera konsumen Indonesia terkait dengan kebutuhan cat berkualitas. Untuk itu, di tengah menjamurnya produsen cat yang menawarkan ratusan warna, kami selektif menawarkan 80 pilihan warna yang memang benar-benar sesuai dengan selera konsumen Indonesia,” ungkap Christian Handriono, Event & Promotion Manager PT Avia Avian—produsen Avitex.

Dwi Wulandari

Recent Posts

XL Axiata Turut Sukseskan World Water Forum Ke-10

MIX.co.id - XL Axiata berpartisipasi dalam mensukseskan gelaran event internasional di ajang World Water Forum…

23 hours ago

Skincara Gelar Festival Produk Kecantikan Asal Korea dan Jepang

MIX.co.id - Skincara berkolaborasi dengan Lippo Mall Puri dan Guardian menggelar "Skincara SPF++ Festival", pada…

24 hours ago

Gandeng Sarinah, YDBA Gelar Bazar bagi 50 UMKM Binaan

MIX.co.id – Astra melalui Yayasan Dharma Bhakti Astra (YDBA) berkomitmen memandirikan Usaha Mikro Kecil dan…

1 day ago

Daikin Targetkan 500 Peserta di Program “Daikin Proshop Designer Awards 2024”

MIX.co.id - Daikin Airconditioning Indonesia kembali meluncurkan program “Daikin Proshop Designer Awards 2024” (DDA), pada…

2 days ago

Jelang Liburan Musim Panas, Vietjet Gelar Program Promo untuk Pelanggan dan Wisatawan

MIX.co.id - Memasuki liburan musim panas, Vietjet menghadirkan program consumer promo untuk para pelanggan loyal…

2 days ago

Grand Rakata Residence Hadirkan Klaster Premium Bergaya Skandinavia

MIX.co.id - Pengembang perumahan di kota Cilegon-Banten yang merupakan unit bisnis dari PT Krakatau Sarana…

2 days ago