Digital Marketing

BAGAIMANA CARA NETFLIX MEREVOLUSIONERKAN MARKETING ALGORITMA

Netflix juga tidak ragu mengembangkan teknologi prediktifnya sendiri. Algoritma mereka tidak hanya merekomendasikan konten yang mungkin disukai pengguna tetapi juga meramalkan keberhasilan potensial dari suatu judul sebelum diluncurkan. Ini memungkinkan Netflix untuk mengatur strategi pemasaran dan distribusi yang lebih efektif dan efisien.

Dalam hal keterlibatan pengguna, Netflix telah menunjukkan inovasi melalui pengujian thumbnail yang berbeda untuk melihat mana yang paling menarik bagi pengguna, atau mengujicobakan trailer yang berbeda tergantung pada perilaku tontonan pengguna. Hal ini menunjukkan pemahaman yang mendalam tentang pentingnya elemen visual dalam memancing minat pengguna.

Kampanye pemasaran Netflix juga menonjol karena penggunaan data yang intensif. Dengan memperkenalkan kompetisi seperti “Netflix Prize”, mereka tidak hanya meningkatkan sistem rekomendasi mereka tetapi juga menegaskan posisi mereka sebagai perusahaan yang inovatif di mata publik.

Selain itu, Netflix telah menyesuaikan dan menciptakan konten yang sesuai dengan berbagai budaya dan bahasa, yang menunjukkan pemahaman yang kuat tentang nuansa global. Hal ini memperlihatkan keberhasilan mereka dalam menjangkau audiens secara luas dan memberikan konten yang relevan secara lokal namun juga menarik bagi penonton internasional.

Pendekatan yang diambil Netflix menggambarkan bagaimana perusahaan modern harus berinovasi dan menyesuaikan diri dengan kebutuhan serta keinginan audiens yang terus berubah. Ini bukan hanya soal menggunakan data, tetapi juga tentang menerapkan wawasan yang diperoleh dari data tersebut untuk menciptakan pengalaman yang berarti dan berkelanjutan bagi pengguna. Dengan metode ini, Netflix tidak hanya mendefinisikan ulang komunikasi pemasaran dalam industri hiburan tetapi juga menetapkan standar baru yang kemungkinan akan diikuti oleh banyak perusahaan lain di masa mendatang.

Page: 1 2Lihat Semua

Edhy Aruman

Edhy Aruman - Wartawan Utama (2868-PWI/WU/DP/VI/2012...), pernah menjadi redaktur di majalah SWA. Sebelum di Swa, Aruman pernah meniti karier kewartawanan di harian Jawa Pos, Berita Buana, majalah Prospek, Harian Republika dan editor eksekutif di Liputan 6 SCTV, sebelum pindah ke SWA (http://www.detik.com/berita/199902/990212-1319.html). Lulus S3 Komunikasi IPB, Redaktur Senior Majalah MIX, dosen PR FISIP UI, dosen riset STIKOM LSPR Jakarta, dan salah satu ketua BPP Perhumas periode 2011-2014.

Recent Posts

Buku Antologi Dongeng KGSB: Output, Outcome, dan Outtakes CSR Satkaara

MIX.co.id - Komunitas Guru Satkaara Berbagi (KGSB), sebagai program CSR dari agensi komunikasi Cetta Satkaara,…

2 days ago

Samsonite Kembali Gelar Kampanye Keberlanjutan “Luggage Trade-in”

MIX.co.id - Merek koper Samsonite kembali hadir dengan kampanye keberlanjutan, Luggage Trade-in. Program signature tahunan…

2 days ago

Baby Boomers dan Gen X pun Bisa Jadi TikTokers Inspiratif, Siapa Saja Mereka?

MIX.co.id - Siapa bilang TikTokers hanya dimonopoli oleh Gen-Z dan milenial? Faktanya, tak sedikit kreator…

2 days ago

CleveTap Luncurkan Product Experiences

MIX.co.id – Di lanskap aplikasi yang kompetitif saat ini, brand menghadapi tekanan untuk menyediakan pengalaman…

3 days ago

Agrinesia Raya Bagikan Wawasan Pasar Halal Indonesia ke Pelaku Bisnis Thailand

MIX.co.id – PT Agrinesia Raya berbagi wawasan dan pengalaman (sharing) kepada pelaku usaha Thailand dalam…

3 days ago

Wellous – Luna Maya Edukasi Pentingnya Nutrikosmetik Agar Kulit Lebih Sehat

MIX.co.id – Industri kosmetik dan perawatan kulit di Indonesia tumbuh signifikan dalam beberapa tahun terakhir.…

3 days ago