Allianz Life Indonesia, The Best Owned Media Program "PR of the Year 2022"

Based on Official Website &Socmed Performance Index

MIX.co.id - Target audiens Allianz adalah milenial dan Gen Z yang merupakan pasar terbesar di Indonesia (lebih dari 60%). Mereka memiliki karakter techsavvy/digitalnative, pemain ekonomi yang kritis, mayoritas terkena dampak pandemic, kurang paham terhadap produk keuangan/asuransi dan memiliki harapan bahwa perusahaan bertanggungjawab secara sosial dan memiliki kepedulian berkelanjutan kepada mereka.

Nah, sebagai strategi manajemen reputasi di hadapan targetaudiens di atas, Allianz Indonesia menerapkan strategi PR digital guna mempertahankan sentimen online yang positif. Untuk tujuan tersebut, mereka memiliki dua saluran digital yaitu “Explore Allianz” yang merupakan Website microblog, dan media sosial Allianz Indonesia di LinkedIn dan Twitter. Website Explore Allianz sejauh ini memiliki lebih dari 1 juta pembaca.

Allianz Explore merupakan blog perusahaan yang menerbitkan artikel mingguan tentang berbagai topik termasuk literasi keuangan, asuransi, dan keberlanjutan. Artikel-artikel tersebut diantarkan dengan hashtag #YUKPAHAMI ketika diamplifikasi di media sosial.

Untuk mempertahankan dan meningkatkan kehadiran Allianz di Twitter, tahun lalu tim digital PR Allianz mengadakan aktivasi & kompetisi digital. Strategi ini terbukti mampu menaikkan tingkat engagement dan follower di Twitter, sekaligus efektif untuk mempromosikan konten pendidikan secara interaktif. Dua aktivias digital yang sudah mereka rilis pada 2021 adalah Cintai Keluaga Cintai Bumi serta Rencana Liburan Aman yang rilis bulan Desember.

Bagaimanahasilnya? Berdasarkan analisis tim PR Allianz, ketiga media digital tersebut menghasilkan performa sebagai berikut. Total SOV 35,222 percakapan (rangkingkedua di industrinya dengan presentase sebesar 25%) dan sentimen paling rendah di industrinya. Selama 2021 follower Allianz di LinkedIn naik 45% menjadi 18 ribu, dan di Twitter tercatat sebesar 12 ribu follower.

Sementara analytics terhadap Website Allianz Explore yang selama setahun memproduksi 162 artikel menghasilkan lebih dari 1 juta UniquePageView. Selain itu, 52 newsletter yang mereka sebarkan setiap minggu berhasil menggaet lebih dari 1,200 subscribers. Di luar itu, hasil sigi Ivosights pada sebulan terakhir (Mei 2022) terhadap kinerja Website dan media social Allianz menunjukkan perusahaan membukukan kinerja di peringkat ketiga setelah Telkomsel dan McDonald’s Indonesia dengan index 84,53. (Bin)

Leave a Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)