Majalah “Antarkita”, keluaran Trakindo Utama mendapat pujian khusus baik dari juri, baik oleh Aan Arbaiah Satryani maupun Herning Banurestu. Menurut Aan, penampilan majalah ini memiliki segmentasi sangat jelas yang diperkuat dengan informasi mengenai hal tersebut pada halaman awal majalah. “Ini sangat bagus karena membantu isi majalah agar tetap focus,” ujarnya.
Senada dengan Aan, Herning berpendapat Majalah “Antarkita” tampak bukan sekadar menyampaikan informasi kegiatan-kegiatan perusahaan yang disajikan dengan baik. Di balik itu, wartawan senior Majalah SWA ini melihat Antarkita adalah media yang dipersiapkan dengan kuat dan matang, baik dalam hal rubrikasi, tata letak, serta desain grafisnya.
Rubrikasi Antarkita disajikan dengan nama-nama dalam Bahasa Inggris yang memberikan kesan modern. Sebutlah seperti Editor’s Note, Dialogue (yang diperkaya dengan box Dialogue Notes), Advancing Forward dan Advancing Together, Forward, Innovation, Brave, Spirit, Awards, Excelling Progress, Exemplify, Advancing Community, Timeout, dan The Trakindo Club.
“Media ini dimaksimalkan bukan hanya sebagai media komunikasi, namun juga sebagai media sharing knowledge dan value perusahaan,” ujar Herning memberi catatan.
Di luar kematangan rubrikasi dan content strategy Antarkita, Aan tetap memberikan sedikit catatan yang pantas diperhatikan. Menurutnya, adanya rubrik khusus untuk anak-anak di bagian akhir, telah menyebabkan fokus rubrikasi agak terpecah.
Antarkita terbit 52 halaman. Grafis majalah ini sangat atraktif dan disainernya terlihat berani bermain-main dengan kreativitas. Mengenai desain grafis, juri Aan memberi apresiasi lebih, namun menurutnya hal itu masih bisa digali lagi dengan lebih kreatif karena sumber yang bisa dimanfaatkan sangat banyak dan luas.
Satu hal yang pantas mendapat apresiasi, mereka juga memberi kesempatan kepada pembaca untuk memberi masukan tentang keberadaan Antarkita dengan sebuah halaman kuesioner partisipasi pembaca. (Bin)