Program “Bincang Perspektif Trakindo” bertujuan untuk menjelaskan kontribusi secara internal Trakindo dalam mendukung gender equality dengan menggunakan momentum hari Kartini. Di luar itu, perusahaan juga ingin meningkatkan brand awareness-nya melebihi desk umum Trakindo, serta menjalin hubungan baik kepada media desk lifestyle dan juga media lainnya terutama jurnalis perempuan.
Untuk mencapai tujuan tersebut, Trakindo mengusung tema “Kartini di Industri Alat Berat”. Di program ini, Trakiindo mengundang para jurnalis sebagai peserta diskusi. Sebagai narasumber, mereka menghadirkan sukses sosok perempuan di Trakindo yang punya peran penting di perusahaan tersebut.
Untuk memperkuat pesan acara, Trakindo memberi pengalaman eksklusif kepada para wartawan dengan melihat langsung fasilitas Training Center Trakindo Cileungsi serta mencoba mengoperasikan secara langsung alat berat dari Trakindo. Demo unit diperagakan langsung oleh Ade Ayu, karyawati Trakindo Palembang di hadapan para jurnalis sebagai ajang foto dari unit Cat® 320 Next Gen yang dioperasikan oleh seorang perempuan. Selain itu, para audiens juga dapat melakukan test ride dari alat berat tersebut dengan pengawasan dari instruktur.
Program ini menghasilkan publikasi dari 38 media nasional berkualitas dengan total PR Value sebesar Rp 3.303.812.500. Semua media itu mencantumkan key message pada setiap artikelnya. Yang menggembirakan, beberapa publikasi di antaranya berasal dari desk yang belum pernah Trakindo dapatkan sebelumnya (rubrik lifestyle).
Emotional engagement dengan 30 wartawan yang hadir terekam dari antusiasme mereka dalam proses komunikasi digital. Lebih dari 70% audiens yang hadir (30 media) juga turut menyemarakkan acara dengan melakukan postingan di media sosial dan menggunakan tagar yang telah ditentukan. Postingan itu rata-rata mengungkapkan bahwa mereka merasa terinspirasi dan baru tahu ada perempuan yang bekerja berprestasi di dunia alat berat. Bagi media, hal ini merupakan news value tersendiri.