Diplomat Success Challenge XI “Bikin Gebrakan” (The Best Media Relations Program of The Year 2021)

Diplomat Success Challenge (DSC) adalah salah satu program dan kompetisi wirausaha terbesar di Indonesia yang diinisiasi oleh Wismilak Foundation.  Sejak tahun 2010, DSC sukses menjaring banyak wirausahawan muda dengan bisnis potensial. Tidak kurang dari 45.000 proposal bisnis, 15 miliar hibah modal usaha, dan 300 wirausahawan telah dilahirkan dan berkembang dari DSC, di bawah pembinaan program mentoring oleh DSC dari tahun ke tahun dan membentuk sebuah ekosistem wirausaha yang kuat.

DSC XI 2020 menjadi event yang sangat menantang karena diadakan di tengah kondisi pandemi Covid-19 yang dampaknya cukup keras menimpa dunia wirausaha. Oleh karena itu, bukan lagi sekadar menawarkah total hadiah yang cukup besar di masa krisis akibat pandemi, DSC XI juga menyuarakan semangat bagi para wirausahawan di Indonesia untuk bangkit dan tidak menyerah.

Dalam pelaksanaanya, kampanye program DSC XI dibagi menjadi 3 fase eksekusi. Masing-masing adalah fase anticipation (pre-roadshow), fase launch,  dan fase heat up. Strategi kampanye pada periode anticipation  ditujukan untuk membangun awareness guna menstimulasi calon peserta dan mengekspos profil program ke masyarakat.  Selain itu, juga membangun kolaborasi dengan pihak ketiga untuk menyelenggaraan seri webinar kewirausahaan, dan melakukan amplifikasi terhadap insight yang didapatkan dari hasil webinar dalam bentuk artikel tips kewirausahaan.

Untuk mengakomodir jalannya kick-off (phase launch) DSC XI yang ditayangkan via live streaming pada 19 Agustus 2020, diadakan konferensi pers secara virtual lima hari sebelumnya. Event media relations itu  dihadiri 40 jurnalis dari media nasional. Pesan yang disampaikan dalam kampanye periode ini fokus pada semangat kebangkitan ekonomi sekaligus untuk memaknai momentum kemerdekaan Indonesia ke-75 tahun. DSC XI mengajak para wirausahawan untuk tidak gentar mencari atau membuka peluang baru walaupun di tengah kondisi pandemi yang tidak menentu.

Dari sisi kepesertaan,  tercatat ada lebih dari 3.000 proposal yang masuk sampai  September 2020. Ini berarti setiap hari setidaknya sebanyak 100 proposal mendaftar DSC XI. Selain itu, pada sisi eksposur, terlihat persebaran submission yang cukup merata dari Indonesia bagian barat hingga timur. Hal ini adalah sebuah pencapaian di mana sebelumnya Indonesia bagian Timur belum sempat terekspos dengan informasi akan DSC.

Selama kampanye Juli – September 2020, dan kampanye DCS berjalan, program telah mendistribusikan 9 pers release, dan meng-generate coverage 131 atau sekitar 44/bulan. Dari sisi PR achievement,  DSC XI  berhasil mendapatkan cakupan media rata-rata 70%  kepesertaan berdasarkan media list. 46% pemberitaan datang dari media Tier 1, dan seluruh pemberitaan memberikan sentiment positif. Adapun PR Value yang berhasil  diraih pada periode antisipasi mencapai Rp 2,5 miliar, launch Rp 3,348 miliar, dan Rp 1,132 miliar pada periode heat up. Melalui program ini,  terjalin relasi yang kuat antara DSC dan Wismilak Foundation dengan media dan influencers di Indonesia baik nasional mapun lokal.

Pencapaian lain adalah peningkatan awareness. Melalui kampanye ini, DSC semakin dikenal sebagai program wirausaha terbesar di Indonesia yang tetap hadir walaupun di tengah kondisi pandemi. Selain itu, mereka juga mendapatkan feedback positif dari media dan masyarakat bahwa perjalanan DSC selama lebih dari 1 dekade telah menciptakan ekosistem wirausaha yang semakin solid.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)