MIX.co.id - Plastic to Food adalah program edukasi Sinar Mas Land untuk mengajak masyarakat di sekitar BSD City agar bersama-sama peduli mengelola sampah plastik yang ada di lingkungan sekitar pemukiman.

Program ini dilaksanakan sebagai bagian dari kampanye cinta lingkungan Sinar Mas Land, yakni “Green Habit 2.0” yang mengajak masyarakat untuk bijak mengelola sampah plastik sekaligus merupakan kontribusi sosial perusahaan dalam rangka peningkatan ketahanan pangan masyarakat. Kegiatan tersebut juga merupakan langkah kedua perusahaan untuk mendukung terwujudnya ekonomi sirkular yang berprinsip mengurangi g timbunan sampah dengan mengoptimalkan sumber daya yang ada.

Skema program tersebut dimulai dari pengumpulan sampah plastik oleh warga yang dapat ditukarkan menjadi beras sebagai stimulasi awal. Sampah yang terkumpul kemudian dipilah menjadi dua kategori. Sampah plastik bernilai tinggi disalurkan kepada industri daur ulang untuk diolah menjadi bijih plastik yang dapat diproduksi kembali menjadi barang-barang dengan nilai ketahanan tinggi. Sedangkan sampah plastik bernilai rendah diprolebih lanjut menjadi bahan bakar minyak dengan kualitas setara solar, bensin, dan minyak tanah yang dapat dimanfaatkan oleh masyarakat.

Dari program tersebut, sampah yang berhasil dikumpulkan sepanjang Januari 2022 mencapai 1,4 ton sampah dari warga Cicayur. Melalui kerjasama dengan PT. Chandra Asri Petrochemical Tbk, penggunaan hasil daur ulang sampah plastik kemudian diaplikasikan sebagai campuran aspal di salah satu ruas jalan di kawasan barat BSD City. Total area yang telah diaspal seluas 15.518m2, hasil dari pengolahan 3,58 juta lembar kantong plastik sampah yang telah dikumpulkan.

Sisi keberlanjutan program ini mendapatkan apresiasi positif dari juri Nurlaela Arief karena tidak hanya fokus pada ketahanan pangan namun juga pada program lain seperti pengolahan limbah untuk bahan material pembangunan jalan. Lebih daripada itu, Nurlaela juga memuji potensi keterlibatan anak-anak sekolah sebagai agent of change perilaku di keluarga. Secara khusus ia memberikan poin lebih karena presentasi program ini dihadiri langsung oleh Direkturnya. (bin)

Leave a Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)