Unilever Indonesia, Festival Jajanan Bango Mandalika The Best Creative PR Program "PR of the Year 2022"

MIX.co.id - Memanfaatkan perhelatan akbar “Moto GP Mandalika 2022”, brand kecap Bango dari PT Unilever Indonesia, Tbk.  menggelar kampanye “Festival Jajanan Bango (FJB)” pada 18-20 Maret 2022. Berlokasi di area Pantai Kuta Mandalika, puluhan kuliner otentik dan legendaris dari sejumlah wilayah Indonesia disajikan guna memanjakan selera kuliner seluruh pengunjung. FJB Mandalika 2022 juga menghadirkan berbagai kuliner lokal khas Nusa Tenggara Barat yang kelezatan hidangannya sudah sangat tersohor. Harapannya, festival kuliner tersebut dapat menjadi katalisator yang kuat untuk memperkuat komitmen bersama dalam melestarikan warisan kuliner Indonesia.

Bango telah secara konsisten melestarikan dan memajukan kekayaan kuliner Indonesia melalui berbagai program dan aktivitas, salah satunya melalui FJB yang digelar sejak 2005.Sementara itu, sejak 2018, pelaksanaan FJB telah berkolaborasi dengan Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) RI. Langkah ini dinilai memiliki peran strategis dalam memperkuat sektor wisata kuliner.

Kolaborasi itulah yang melandasi Kemenparekraf RI untuk memberikan kepercayaan kepada Bango dan FJB untuk menjadi Presenting Partner pemerintah untuk memperkenalkan kuliner Indonesia di perhelatan “Moto GP Mandalika 2022”. Sebagai simbolisasi kerjasama dan peluncuran FJB Mandalika 2022, Kemenparekraf RI dan Bango melakukan prosesi pelepasan motor balap.

Masih dalam suasana pandemik Covid-19, untuk memastikan keamanan dan kenyamanan pengunjung selama acara berlangsung, FJB Mandalika 2022 menerapkan protokol 5M secara ketat. FJB menggunakan QR Code dan sistem cashless untuk registrasi masuk, pemesanan, hingga transaksi makanan. Penerapan sistem kuota pengunjung per jam diberlakukan untuk meminimalisasi kerumunan. Area makan pun disediakan luas dengan jarak yang aman. Terakhir, seluruh pendukung acara dipastikan negatif covid-19 melalui test antigen secara berkala, dan disediakan tim medis yang standby sepanjang acara.

Bango memberangkatkan sembilan unit food truck untuk mendukung FJB Mandalika. Dan seluruh food truck singgah dahulu di tiga kota besar, yaitu Jakarta, Solo, dan Surabaya, sebelum akhirnya sampai di Mandalika.

 “Unilever berhasil memanfaatkan momen Mandalika Moto GP, meningkatkan awareness audience global,serta mengkolaborasikan elemen local wisdom, tourism, dan edukasi kuliner yang berfokus pada produk perusahaan. Termasuk, berhasil memberikan branding kuat terkait makanan Nusantara untuk memakai produk Bango,” tutur salah satu anggota dewan juri, Dr. Nurlaela Arief yang kini menjabat sebagai Director of Communication & Alumni Relations SBM ITB.

Leave a Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)