Ada banyak cara bagi pemasar untuk mengkomunikasikan brand atau produk baru. Mulai dari memanfaatkan kanal televisi lewat TV Commercial, menggandeng komunitas, menggelar aktivasi merek, menggunakan media digital, hingga memanfaatkan multipaltform atau multikanal komunikasi secara terintegrasi.
Shell Lubricants Indonesia misalnya, memilih even lari untuk mengenalkan pelumas anyarnya, Shell Helix Ultra dengan PurePlus Technology. Dipilihnya even lari oleh Shell, cukup dimaklumi. Mengingat, tahun ini even lari memang tengah menonjol dan marak di Indonesia.
Menurut Adi Wijaya, pengamat sekaligus praktisi brand activation dari Redline, tak sedikit brand mensponsori even lari atau menggelar even lari mereka sendiri. “Tahun 2015, program running masih akan ada. Bahkan, running event bukan hanya kegiatan lari, tetapi di-mix hingga menjadi sebuah entertainment. Bisa dibilang, tahun depan, running event menjadi suatu keharusan untuk brand. Sebab, sekarang running sudah jadi lifestyle, khususnya untuk urban people,” yakin Adi.
Mencoba berbeda dengan event-event lari yang sudah digelar sebelumnya, Shell mengusung tema “Shell Helix Ultra 10K Race” lewat kemasan night run (lari malam). Dijelaskan Edward Satrio, Brand and Communication Manager Shell Lubricant Indonesia, program tersebut merupakan lomba lari 5K dan 10K yang dikemas melalui ambiance balap otomotif di malam hari—yang diklaim sebagai yang pertama di Indonesia. “Shell Helix Ultra 10K Race pertama sudah digelar di BSD Green Office Park, BSD City, Tangerang Selatan, pada 8 November ini,” ujar Edward.
Agar tercipta brandengagement antara merek Shell dengan peserta lari, ajang lari malam minggu tersebut dibungkus dengan cara yang fun. Itu artinya, para peserta lari yang jumlahnya mencapai 2.000 orang, diundang untuk merasakan hubungan antara manusia dengan otomotif. Termasuk, bagaimana teknologi PurePlus dapat bekerja pada pelumas Shell Helix Ultra, hingga sensasi akhir yang dapat dihasilkan dari pelumas Shell.
Ada empat area perhentian yang disajikan Shell di sepanjang area lari. Empat perhentian itu terdiri atas dua tunel, Gas Tunel (area di mana para peserta disemprot dengan oksigen murni) dan Liquid Tunel (tempat para peserta lari disemprot dengan air atau water sprinkle). Sementara itu, dua perhentian lainnya adalah Clean Area dan Performance Area, di mana para peserta lari diberikan handuk dingin dan berjalan di atas travelator.
“Harapan kami, melalui ajang lari tersebut, para peserta lari dapat memperoleh pengalaman mengenai proses pembuatan pelumas Shell Helix Utra with PurePlus Technology, mulai dari bahan baku gas, hingga bekerja membersihkan dan menghasilkan performa yang bagus pada mesin,” harap Edward.
Keistimewaan lain yang di tawarkan Shell pada lomba lari kali ini adalah kehadiran tenda Refreshment. Di sana, tak hanya mendapatkan minuman dan buah gratis seperti event lari lainnya, Shell juga memberikan makan malam kepada para pelari yang tersaji pada food truck Loco Mama (masakan Meksiko) dan NomNom Meals Box (masakan ala Barat)--yang belakangan tengah menjadi tren baru di Jakarta.
Acara lari yang sempat diguyur hujan itu, makin meriah dengan kehadiran pembawa acara kocak, seorang standup comedian, Soleh Solihun. “Acara ini, akan digelar juga di Kota Surabaya,” lanjut Edward.
Bersamaan dengan kehadiran pelumas anyar revolusioner Shell Helix Ultra with PurePlus Technology, Shell juga mengumumkan terpilihnya Shell oleh Grup BMW sebagai pemasok global pelumas mesin purna jual satu-satunya yang direkomendasikan untuk lini produk BMW, yang mencakup BMW, BMW i, Mini, dan BMW Motorrad.
Mulai awal tahun 2015, pelumas mesin yang diproduksi Shell akan tersedia untuk pelanggan di jaringan Grup BMW yang meliputi lebih dari 3.500 penyalur di lebih dari 140 negara, termasuk Brasil, Tiongkok, Jerman, Rusia, Afrika Selatan, Korea Selatan, Turki, Inggris, dan Amerika.
Mark Gainsborough, Wakil Presiden Eksekutif Shell Lubricants mengungkapkan, “Terpilih sebagai pemasok pelumas mesin yang direkomendasikan oleh grup BMW global merupakan suatu kehormatan. Kami ingin segera bersama-sama memasok, mendistribusikan, dan memasarkan pelumas ini mulai awal 2015. Kesepakatan ini menunjukkan bahwa keahlian Shell di bidang pelumas mesin dan teknologi mutakhir kami telah diakui oleh salah satu produsen mobil kualitas tinggi terkemuka. Ini merupakan pengakuan atas inovasi terbaru kami, Teknologi PurePlus Shell, untuk pelumas mesin kualitas tinggi.”