Rinaldi Gultom, Indonesia PR Manager of The Year 2015

Rinaldi Gultom mengawali karir sebagai seorang jurnalis di sebuah media mainstream pada 2004. Namun hanya berselang setahun, ia memutuskan hijrah ke PT LG Electronic Indonesia, sebagai Public Relations Supervisor di unit bisnis handphone. Baginya, bergabung dengan LG kala itu merupakan tantangan tersendiri. Selain karena unit bisnis tersebut masih terbilang muda di Indonesia, Rinaldi juga “orang baru” di dunia perhumasan.

rinaldi__1443582597_15272

Rinaldi Gultom, PR Manager LG Electronics Indonesia

“Meski singkat, pengalaman sebagai wartawan sangat membantu pekerjaan saya untuk menyusun dan mengeksekusi bauran strategi PR sekaligus menjalin komunikasi yang lebih baik kepada media,” ujar alumni Marketing Management, Universitas Atmajaya Yogyakarta tersebut. Waktu berjalan, kini Rinaldi dipercaya memimpin tim PR PT LG Electronics Indonesia yang memiliki tanggung jawab langsung ke Marketing Director serta President Director.

Di divisi PR, Rinaldi mengepalai tim PR yang beranggotakan tiga orang, dan menurut pengakuannya, sama sekali tidak menggunakan jasa PR Agency. “Namun meski skalanya kecil di dalam perusahaan besar, tim kami sangat solid karena koordinasi gerak menjadi lebih cepat dan efektif,” tegasnya.

Di bawah kepemimpinan Rinaldi, tim PR PT LG Electronics Indonesia menjadi salah satu yang disegani di antara negara-negara tempat perusahaan tersebut beroperasi. Menurut Rinaldi, hal tersebut tak lepas dari keberhasilan mereka dalam menjaga reputasi, antara lain melalui raihan Best PR Practice untuk kategori Home Appliance & AC dan Home Entertainment. Ia juga berhasil membawa PR LG Electronics Indonesia menjadi pemenang dalam ajang LG Global PR Competition dua kali berturut-turut, tepatnya pada 2012 dan 2013.

Penghargaan kepada Rinaldi secara pribadi datang baik dari perusahaan maupun dari luar perusahaan. Pada 2008, Rinaldi merain penghargaan Best Employee di LG Electronics Indonesia. Pada 2012 ia dianugerahi perusahaan sebagai Most Valuable Person. Sementara di ajang Indonesia PR of the Year 2015 yang diadakan MIX Marcomm, Rinaldi menjadi salah satu di antara dua PR Manager terbaik pilihan para jurnalis

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)