Hampir semua orang mengenal PHD (kependekan dari Pizza Hut Delivery). Namun belum semua memahami perbedaan PHD dengan Pizza Hut, tutur Riri F. Hasan, Marketing Manager PT Sarimelati Kencana, pemilik merek PHD.
Riri F. Hasan, Marketing Manager PT Sarimelati Kencana (Pemilik Merek PHD).
Dengan kesadaran itulah, Riri bekerja keras mengedukasi konsumen tentang perbedaan brand PHD yang berkonsep Pizza Delivery, dengan brand Pizza Hut yang sudah hadir lebih dulu dengan konsep resto. Edukasi itu, katanya, dilakukan antara lain melalui iklan massive di radio dan digital campaign.
Ketika bergabung dengan PHD pada 2011, Riri mengakui bahwa brand awareness PHD—yang sudah berada di pasar Indonesia sejak 2007—itu sudah cukup baik. Maka tugasnya sebagai marketing manager adalah melanjutkan upaya untuk meningkatkan brand awareness—agar menjadi top of mind, mengedukasi pasar tentang brand image PHD, dan mendorong penjualan. Tiga pekerjaan besar itu, menurut Riri, menjadi tantangan PHD untuk masa kini dan masa mendatang.
Untuk meningkatkan awareness dan penjualan, Riri membuka gerai-gerai baru PHD di kota-kota besar dan kota-kota besar kedua di Indonesia. Khusus untuk mendorong penjualan, Riri membuat konsep promosi pada bulan-bulan festive seperti Ramadhan. Promo-promo penjualan ini, katanya, dikomunikasikan melalui stasiun radio secara intens.
Riri mengaku iklan di radio sangat efektif. “Sebulan (setelah iklan) penjualan increase sekitar 20%,” tutur lulusan Manajemen Informatika Universitas Gunadarma pada 1992 ini. Berkat langkah agresif untuk menaikkan penjualan ini, kata Riri, PHD Indonesia diganjar Best Sell Achievement pada 2012-2013 dari PHD Asia Pasific.
Mengawali karir profesional sebagai Customer Relation di perusahaan logistik APL (1997), Riri lalu pindah ke Sony Ericsson sebagai Channel Marketing (1997-1998), dan kemudian ke Grup Radio Prambors Massima Network sebagai Account Executive (1998-1999). Karir Riri gemilang ketika dia berkarir di MTV Indonesia (2003-2006) dengan posisi terakhir sebagai Account Director.
Sempat hijrah ke Astro pada 2006–2010, sebagai Advertising Sales Manager, Riri mengakhiri karirnya di dunia media menyusul tutupnya bisnis televisi berbayar Astro di Indonesia. Pada 2011 Riri membuka lembaran baru karirnya di PHD.