SALMA SALSABIL - BAGAIMANA JUARA INDONESIAN IDOL 2023 ITU MENYIHIR PERILAKU KONSUMEN

Pernahkah Anda merasakan desakan tak terbendung untuk menonton penampilan Salma Salsabil, juara Indonesian Idol 2023. Suaranya yang khas memukau jutaan orang. Tidak bisa dipungkiri, ada magnet tak terlihat yang membuat kita terpaku pada layar saat ia beraksi. Bukankah ini fenomena yang menarik?

Bagaimana seorang individu mampu mempengaruhi perilaku pemirsa sebanyak itu, sejauh mengubah cara kita mengonsumsi konten media. Mari kita selami misteri di balik fenomena Salma Salsabil, sang idola baru yang merevolusi perilaku konsumen di era digital."

Momen kemenangan Salma Salsabil di Indonesian Idol 2023 telah memicu perbincangan penting tentang bagaimana perhatian dan perilaku pemirsa terbentuk dan dikelola di era digital ini. Meski pencapaian Salma patut diapresiasi, tetapi ada aspek kritis yang perlu dibahas seiring dengan popularitasnya.

Penampilan Salma yang memukau dan kemampuannya untuk menjadi trending di YouTube adalah contoh bagus dari bagaimana seseorang dapat menangkap dan mempertahankan perhatian audience dalam budaya media yang serba cepat dan seringkali dangkal ini. Namun, ini juga membuka ruang untuk menelaah lebih lanjut apa yang sebenarnya kita hargai dan bagaimana kita mengukurnya.

Dalam era teknologi informasi, di mana semua orang berjuang untuk mendapatkan perhatian, "trending" telah menjadi tolok ukur yang paling dihargai. Perhatian, dalam konteks ini, seringkali menjadi sesuatu yang bersifat transaksional dan permukaan, di mana audience dipaksa untuk berpindah dari satu trend ke trend lainnya tanpa henti.

Konsep ini tampaknya berlaku pada kemenangan Salma. Meski bakatnya tidak dapat dipungkiri, namun pertanyaan yang muncul adalah sejauh mana peran 'trending' dalam menentukan kemenangannya? Apakah popularitas sementara di media sosial sebanding dengan nilai jangka panjang yang dapat dihasilkan dari bakat dan kerja keras sejati?

Terlebih, fenomena "trending" juga membawa implikasi bagi perilaku konsumen, terutama dalam cara mereka mengkonsumsi konten. Dalam budaya yang didorong oleh apa yang sedang 'hangat' dan popular, konsumen seringkali tidak mempertimbangkan substansi atau kualitas sebenarnya dari apa yang mereka konsumsi. Ini menciptakan siklus konsumsi yang dangkal dan cepat, di mana konten berkualitas tinggi dan berarti seringkali terabaikan dalam pertukaran perhatian yang cepat dan mudah.

Salma, sebagai Juara Indonesian Idol, memiliki kesempatan unik untuk meredefinisi apa arti perhatian dalam konteks perilaku konsumen. Dia memiliki kesempatan untuk membuktikan bahwa perhatian konsumen tidak harus selalu didasarkan pada tren semata, tetapi dapat didasarkan pada nilai, substansi, dan kualitas.

Adakah harapan bahwa dia akan memanfaatkan platformnya untuk menunjukkan perhatian sejati adalah lebih dari sekedar menjadi 'trending', tetapi tentang memberikan nilai yang nyata dan berkelanjutan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)