“Pulse by Prudential” adalah aplikasi terpadu yang dapat diakses oleh seluruh lapisan masyarakat. Dengan teknologi AI dan layanan yang dipersonalisasi, Pulse menawarkan manajemen kesehatan yang menyeluruh kepada masyarakat Indonesia, memudahkan mereka untuk mengelola kesehatan dan kebugaran kapan saja dan di mana saja. Dengan Pulse, Prudential Indonesia merevolusi cara masyarakat mengelola kesehatan.
Bagi Prudential Indonesia, ini adalah pertama kalinya mereka meluncurkan sebuah aplikasi yang bisa digunakan bukan hanya oleh nasabah, namun juga manfaatnya menyasar seluruh lapisan masyarakat Indonesia. Oleh karena itu, serangkaian program Corporate Communications yang mereka lakukan bukan hanya berfokus untuk memperkenalkan aplikasi baru tersebut dan sekaligus untuk mendapatkan kepercayaan dari para pengguna. Lebih daripada itu, focus mereka adalah mengubah paradigma dan memberdayakan masyarakat dalam mengelola kesehatannya, yang akhirnya diharapkan bisa menggerakkan masyarakat untuk hidup lebih sehat, dan memecahkan segala kendala yang mungkin mereka miliki.
Peluncuran Pulse dihadirkan dengan konsep berbeda. Di minggu yang sama aplikasi tersedia untuk masyarakat umum, tim Corporate Communications Prudential mengajak media dan blogger untuk mendapatkan first-hand experience dari aplikasi ini. Tim menghadirkan external speakers yang beragam; perwakilan Kementerian Kesehatan, Asosiasi Digital Healthtech Indonesia, para partner perusahaan teknologi serta perwakilan dari kantor regional.
Saat presentasi penjurian, tim Corporate Communications Prudential Indonesia bersemangat dalam menjelaskan program #SehatBarengPulse, sebuah internal movement untuk menyebarkan semangat hidup aktif dan sehat kepada hampir 2.000 karyawan Prudential Indonesia yang tersebar di 7 kota. Melalui 25-week challenge #SehatBarengPulse memberikan 4 tantangan yang bisa dipilih oleh karyawan yaitu #TidakManis (menurunkan kadar gula darah), #KolesKeleus (menurunkan tingkat kolesterol), #BuangBody (menurunkan berat badan) dan #SehatTerus (menjaga agar tetap sehat)
Prudential Indonesia percaya bahwa Pulse dapat membantu masyarakat untuk hidup lebih sehat dan sejahtera - sesuai dengan aspirasi perusahaan. "Kepercayaan tersebut dilandasi pemikiran bahwa kehadiran Pulse dapat membawa perubahan mindset dan behaviours bagi masyarakat Indonesia untuk hidup lebih aktif dan sehat,” tutur Luskito Hambali, Chief Marketing & Communications Prudential Indonesia
Luskito mengakui, banyak tantangan yang mereka alami dalam menjalankan project ini. Gerakan internal #SehatBarengPulse dimulai dengan medical check-up lengkap bagi seluruh karyawan. Dari awalnya dilakukan face-to-face, sehingga mendapatkan pencapaian dan health index sebagai acuan dasar kondisi kesehatan karyawan. 25 minggu selanjutnya, mereka harus beradaptasi dan mentransformasikan gerakan tersebut secara virtual.
“Tantangan kami adalah bagaimana memotivasi teman-teman melalui pendekatan virtual agar mereka tetap dapat menyelesaikan challenge masing-masing seperti mengukur kadar gula dan kolesterol tanpa harus meninggalkan rumah,” paparnya. Termasuk tantangan mereka dalah bagaimana menghadirkan seminar-seminar kesehatan yang menarik dan menggugah antusiasme peserta dan karyawan.
Dari sisi dinamika tim, Luskito mengaku seluruh anggota tim telah memiliki kesamaan visi serta way of thinking yang kuat. Berkat implementasi kultur diversity & inclusion yang tertanam dengan baik, setiap anggota tim selalu menerima, menghargai dan menghormati pendapat dan ide dari anggota tim yang lain dan memungkinkan chemistry antar anggota terbentuk dengan baik, memicu terciptanya ide-ide kreatif, implementasi dan eksekusi program-program yang solid dan profesional.
Dalam menjalankan project ini, tim banyak bersinggungan dan berkolaborasi dengan tim-tim yang sebelumnya jarang atau bahkan belum pernah bersinggungan. Misalkan dengan tim Regional Office, tim apps developer dan Go-To-Market, bahkan dengan mitra-mitra, seperti Babylon dan Halodoc. Dari sisi internal, program #SehatBarengPulse sangat berdekatan dengan tim Human Resources, staff engagement committee dari seluruh department serta tim medical council internal yang Prudential miliki. (Bin)
Tim Marketing & Communications Prudential :
- Luskito Hambali, Chief Marketing & Communications Officer.
Corporate Communications:
- Kamelia Mohamad: Head of Corporate Communications
- Dewi Mayasari: Head of Internal Communications
- Priskilla Fachruddin: Internal Communications Manager
- Arie C. Nursyadzaly: External Communications & PR Assistant Manager
- Ivan Christianto: External Communications & PR Manager
- Della Patricia Mandiro: External Communications & PR Assistant Manager