Universitas Mercu Buana “MarComm Excellent Team 2021”

Program marcomm unggulan yang telah dijalankan Universitas Mercu Buana (UMB) di masa pandemi adalah “Rektor Menyapa”. Program tersebut bersentuhan dengan upaya percepatan pembangunan dalam aspek yang luas. Bahkan, secara filosofis pun cukup kuat, mengingat kampus sebagai lembaga pendidikan harus mampu menjadi center of excellent, yakni menjadi agen perubahan sekaligus motor penggerak.

“Program Rektor Menyapa dan Festival UMB ke-13 Vitual memainkan filosofis tersebut. Sedangkan secara sosiologis juga memenuhi semangat nilai-nilai yang ada dalam diri masyarakat, yakni gotong royong dan musyawarah. Dimana hampir semua program ini melibatkan banyak pihak dan selalu mengedapankan musyawarah,” ungkap Riko Noviantoro, Kepala Biro Humas dan Sekretariat Universitas Mercu Buana.

Lebih jauh ia menegaskan, pada proses persiapan, pelaksanaan, hingga evaluasi program, tim Marcomm UMB selalu menguatkan nilai gotong royong dan musyawarah. Dimulai dari pembentukan tim kecil, pengindentifikasian permasalahan, rapat-rapat teknis, hingga praktik pelaksanaan selalu dilakukan secara bersama-sama.

Terkait tantangan, menurutnya, sejak dulu tantangan datang silih berganti. Kesiapan itu selalu diikuti dengan mengembangkan keterampilan dan pengetahuan. Sebagai bukti, pelaksanaan Festival UMB ke-13 Virtual, yang secara historis penyelenggarannya selalu secara offline, kini bisa bergeser dan diperbaiki dengan model virtual.

Diakuinya, memang  tidak mudah memahami setiap perubahan. Setidaknya, proses adaptasi terhadap berbagai tantangan itu harus dilewati. “Untuk itu, upaya yang perlu menjadi kunci adalah memiliki kesamaan pandangan terhadap perubahan dan kesamaan arah melihat perubahan. Dari sanalah upaya melihat berbagai tantangan secara perlahan dihadapi bersama,” yakinnya.

Saat ini, tim MarComm Biro Humas dan Sekretariat UMB berjumlah 16 orang.  Namun, untuk mempermudah koordinasi dibentuklah tim-tim kecil sebagai pengendali setiap kegiatan. Dengan demikian, setiap anggota tim punya pengalaman sebagai ketua tim pengendali.

Tim MarComm Universitas Mercu Buana:

  • Riko Noviantoro, Kepala Biro Humas & SU, Penanggung Jawab Program
  • Silvia A Rachman, Kasub Biro Humas & SU, Koordinator Program
  • Divisi Acara: Noviana Pakasi, Amirullah Munawir, Mutiara Permata
  • Divisi Protokoler: Priyo Wahyudi dan Riezkyatri Septianingsih
  • Divisi Dokumentasi: Hizkia Pahlawan dan Jemangat
  • Divisi Administrasi dan Sekretariat: Reni Septiani dan Dea Shafawa
  • Divisi Design Grafis: Iis Sholihat
  • Divisi Media dan Publikasi: Citra Sentosa
  • Divisi Akomodasi: Nina Zatina dan Nadya Ramadhan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)