Anugerah Tahunan Ke-13 INDONESIA PR OF THE YEAR 2019

Metodology

PR PROGRAM OF THE YEAR 2019

KATEGORI PROGRAM

CREATIVE PR Program: program-program kreatif untuk membangun citra dan reputasi perusahaan, termasuk program untuk menangani krisis dan program PR internal. Bisa jadi, program tersebut dibuat dalam bentuk kampanye untuk mendukung sebuah cause tertentu (misalnya cause kesetaraan gender, regenerasi petani, kampanye untuk perbaikan perilaku, dan lain-lain), atau dibuat dalam bentuk event besar seperti festival untuk memperkuat citra perusahaan, bisa juga berupa event yang membidik audience internal perusahaan.

MARKETING PR Program: program PR yang diselenggarakan untuk tujuan marketing yang sangat kental: untuk membangun brand awareness, brand image, menciptakan positioning yang tepat di benak khalayak sasarannya, hingga untuk menghasilkan penjualan. MPR ini diselenggarakan dalam beragam kegiatan dan beragam khalayak sasaran: test drive untuk para jurnalis, launching event, press conference, atau dalam format penyebaran press release saja.

SOCIAL PR Program: program CSR yang diselenggarakan juga untuk tujuan membangun citra dan reputasi perusahaan—selain untuk memberikan manfaat kepada para pemangku kepentingan. Berbeda dengan penyelenggaraan CSR Award, penilaian program CSR untuk awarding PR adalah dilihat dari sisi komunikasinya (menilai bagaimana perusahaan mengomunikasikan program CSR-nya sehingga berdampak kepada citra dan reputasi perusahaan).

MEDIA RELATIONS Program: program yang diciptakan untuk membangun dan memperkuat bonding perusahaan dengan para jurnalis dan key opinion leaders.

OWNED MEDIA: media in-griya (in house) yang dimiliki dan dikelola organisasi/perusahaan untuk mendukung pembangunan citra dan reputasi organisasi/perusahaan tersebut. Termasuk dalam kategori ini adalah media on vehicle yang diterbitkan perusahaan transportasi untuk menghibur para penumpangnya.

KRITERIA PENILAIAN

KONSEP: Konsep program dilihat dari kreativitasnya

PESAN: Artikulasi pesan yang disampaikan melalui press release maupun melalui statement spoke person-nya.

HASIL: Coverage media yang diwakili antara lain oleh online publishers.

SKALA PENILAIAN: Sangat Kurang (50-60); Kurang (61-70); Cukup (71-80); Bagus (81-90); Sangat Bagus (91-100)

PR PERSON, AGENCY, & CORCOMM TEAM OF THE YEAR 2019

KATEGORI

SPOKE PERSON BUMN

SPOKE PERSON

HEAD OF CORCOMM

PR OFFICER

PR AGENCY

CORPORATE COMMUNICATION TEAM

Polling dilakukan kepada sekitar 50 orang jurnalis dari media cetak, radio, online, dan televisi, desk bisnis dan ekonomi.

Leave a Reply