PR AGENCY OF THE YEAR

Indonesia PR of the Year 2018

Ada dua agensi Public Relations (PR) yang dipilih para jurnalis sebagai PR Agency of the Year pada ajang Indonesia PR of the Year 2018. Kedua agensi itu adalah Cetta Satkaara dan R&R Communications. Cetta Satkaara termasuk agensi yang masih seumur jagung, namun mendapat tempat di hati para jurnalis. Sedangkan R&R Communications termasuk agensi lawas yang berkali-kali masuk ke dalam finalis (lima besar pilihan wartawan), namun baru kali ini menjadi pilihan utama.

R&R Communications mengawali usaha dari small office home office pada tahun 2000. Klien R&R semula hanya perusahaan perbankan, asuransi, dan barang konsumsi. Namun, sekarang agensi ini menangani berbagai industri, meliputi transportasi, otomotif, teknologi informasi, farmasi, hiburan, media, pertambangan, dan properti. Klien R&R tidak hanya perusahaan lokal, tapi juga perusahaan asing atau global. Tercatat beberapa perusahaan yang saat ini menjadi klien R&R adalah Samsung, Frisian Flag Indonesia, BOSCH, Combiphar, Bayer, Zespri, Kansai Paint, Shell, Citi Peka, Awan Tunai, Sinarmas MSIG, dan Clio.

Sedangkan Cetta Satkaara baru dibesut pada 2012 oleh Ruth Andriani yang kini menjabat sebagai direktur utama. Agensi lokal ini secara khusus menangani komunikasi untuk bidang social affairs, pendidikan, lingkungan, energi yang berkelanjutan, dan kesehatan. Hingga saat ini Cetta Satkaara telah menangani 70 klien dengan 350 project. (Lis)

Leave a Reply