#JadiBaik di Bulan Baik TCash Telkomsel

Winner

THE BEST MARKETING PR

Indonesia PR of the Year 2018

Telkomsel menggunakan momentum Ramadan untuk menyelenggarakan kampanye “TCash #JadiBaik di Bulan Baik.” Dieksekusi pada 15 Mei 2018 hingga 30 Juni 2018, kampanye ini bertujuan untuk mengajak masyarakat memanfaatkan perkembangan teknologi transaksi non-tunai (melalui produk TCash Telkomsel) untuk berbuat kebaikan, yaitu lewat program Donasi Digital dan Berbagi Uang Nontunai, selama Ramadan.

Untuk mengkampanyekan program ini, Telkomsel menggunakan kombinasi strategi media konvensional, digital, dan PR Stunt—menggunakan figur tertentu sebagai teladan untuk melakukan kebaikan tersebut. PR Stunt ini diharapkan dapat menyebarluaskan semangat donasi digital melalui program Kencleng Digital di beberapa masjid.

Untuk menciptakan publisitas. Telkomsel menyelenggarakan konferensi pers dengan mengundang media massa. Secara khusus, kegiatan ini mengaksentuasi layanan Donasi Digital yang diselenggarakan bersama Rumah Zakat. Selain itu, Telkomsel juga menggunakan kombinasi akun media sosial (Instagram, Facebook, dan Youtube), serta microsite untuk Kompetisi Blog #JadiBaik di Bulan Baik.

Telkomsel juga memasang Out-of-Home (OOH) khusus untuk QR Code berukuran besar milik TCash dan Rumah Zakat untuk semakin memaksimalkan publikasi kampanye #JadiBaik di Bulan Baik ini.

Masifnya publikasi kampanye #JadiBaik di Bulan Baik ini tak hanya berdampak pada peningkatan jumlah transaksi donasi digital di Rumah Zakat, tetapi juga di lembaga-lembaga

lain, termasuk Dompet Dhuafa dan Majelis Ta’lim Telkomsel (MTT). Hingga periode kampanye, keseluruhan layanan donasi digital TCash sukses menjangkau sekitar 5.000 pelanggan dari seluruh pelosok Indonesia, dengan peningkatan kuantitas jumlah transaksi donasi hingga lebih dari 70 kali lipat.

Sementara, bagi TCash sendiri, kampanye ini secara efektif menjangkau masyarakat dan sukses berkontribusi dalam menarik hingga 2.000.000 pelanggan baru menjadi pelanggan TCash di akhir periode kampanye. Hal ini juga tercermin dari meningkatnya jumlah unduhan aplikasi TCash Wallet, yang kala itu tercatat mencapai hingga 6,5 juta unduhan. (Marina)

Leave a Reply