Ini Dia Pekerjaan Public Relations

public-relations3

 

Setelah postingan tentang perbedaan public relations dan marketing kemarin, redaksi menerima banyak email menanyakan tentang pekerjaan seorang public relations. “Jadi bagaimana seorang public relations berperan?”

The Occupational Outlook Handbook 2010–11, diterbitkan oleh Badan Statistika Ketenagakerjaan Amerika Serikat (www.bls.gov/oco), menjelaskan berbagai jenis pekerjaan, salah satunya adalah tentang profesi public relations. Berikut deskripsi dari spesialisasi pekerjaan hubungan masyarakat:

Reputasi, keuntungan serta keberadaan dari sebuah organisasi bergantung pada seberapa besar dukungan masyarakat terhadap tujuan dan kebijakan-kebijakannya. Public Relation specialists - biasa disebut juga sebagai spesialis komunikasi atau spesialis media, di antara gelar-gelar lainnya, bertugas melayani klien dalam hal membangun serta mempertahankan hubungan positif dengan masyarakat.

Klien-klien tersebut termasuk badan usaha, asosiasi nonprofit, universitas-universitas, rumah sakit, dan organisasi-organisasi lainnya, pada dasarnya ingin membangun dan mempertahankan hubungan positif dengan masyarakat. Sebagaimana para manajer sadari bahwa ada hubungan antara public relations yang baik dengan kesuksesan organisasi-organisasi mereka. Karena itu, mereka semakin bergantung kepada saran-saran mengenai strategi dan kebijakan komunikasi mereka dari para public relations specialists.

Para public relations specialists menjalankan fungsi-fungsi organisasi, seperti misalnya menjalin relasi dengan media, komunitas, konsumen, industri, dan pemerintah, kampanye politik, perwakilan kelompok kepentingan; memediasi konflik; serta hubungan antara karyawan dengan investor. Public relation specialists harus mampu memahami sikap serta kepedulian komunitas, konsumen, karyawan dan kelompok kepentingan untuk membentuk dan mempertahankan hubungan kerjasama di antara mereka dengan perwakilan dari jurnalis media cetak maupun media penyiaran.

Public relations specialists membuat rancangan siaran pers dan menghubungi orang-orang di media yang mungkin dapat mencetak atau menyiarkan materi mereka. Berbagai laporan khusus dari radio atau televisi, cerita-cerita di koran, dan artikel-artikel majalah dimulai dari meja kerja para public relations specialists. Terkadang, subjek dari sebuah siaran pers adalah mengenai sebuah organisasi beserta kebijakan-kebijakannya terhadap para karyawan atau perannya di dalam komunitas. Sebagai contoh, sebuah siaran pers mungkin dapat menjelaskan isu masyarakat, seperti misalnya kesehatan, energi, atau lingkungan, dan apa yang dapat dilakukan oleh organisasi untuk maju di dalam isu tersebut.

Para public relations specialists juga mengatur dan melaksanakan program-program untuk dapat mempertahankan kontak antara perwakilan organisasi dengan masyarakat. Misalnya saja, ahli humas mengatur keterlibatan dalam berbicara serta mempersiapkan pidato-pidato resmi. Para public relations specialists inimewakili karyawan-karyawan di dalam proyek-proyek komunitas; membuat film, slide, dan presetasi-presentasi visual lainnya untuk rapat-rapat dan pertemuan sekolah; dan rencana pertemuan-pertemuan.

Di dalam pemerintahan, para public relations specialists biasa disebut dengan press secretaries. Mereka senantiasa menginformasikan masyarakat mengenai aktivitas-aktivitas dari lembaga-lembaga serta para pejabat. Sebagai contoh, para ahli urusan masyarakat di Kementerian Negara di Amerika Serikat memperingkatan masyarakat mengenai nasihat terkait perjalanan dan posisi Amerika Serikat di dalam isu-isu luar negeri. Seorang press secretaries untuk seorang anggota kongres mengabarkan para konstituen mengenai pencapaian-pencapaian dari orang yang diwakilinya.

Di dalam sebuah organisasi besar, kunci dari public relations executive yang biasanya merupakan seorang wakil pimpinan, dapat mengembangkan rencana-rencana maupun kebijakan-kebijakan dengan para eksekutif lainnya. Sebagai tambahan, departemen hubungan masyarakat mempekerjakan para public relation specialists untuk menulis, meneliti, mempersiapkan materi-materi, mempertahankan kontak dan merespon pertanyaan-pertanyaan.

Orang-orang yang mengurus publikasi seseorang atau berhubungan dengan humas untuk suatu organisasi kecil dapat berurusan dengan seluruh aspek-aspek pekerjaan. Para public relations specialists ini bertugas untuk menghubungi orang, merencanakan, meneliti, dan menyiapkan materi-materi untuk distribusi. Mereka juga mengurus periklanan atau pekerjaan-pekerjaan promosi penjualan untuk mendukung upaya-upaya penjualan.

Pages: 1 2

Leave a Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)