Ini Tantangan Humas Pemerintah di Era Disrupsi

MIX.co.id - Direktorat Jenderal Informasi dan Komunikasi Publik (Ditjen IKP) Kementerian KOMINFO RI bersinergi dengan Kementerian PAN-RB dan Badan Kepegawaian Negara (BKN) menggelar Rapat Koordinasi Pembinaan Jabatan Fungsional Pranata Humas (JFPH) dengan tema “Tantangan Pranata Humas di Era Disrupsi”. Rapat koordinasi ini digelar secara hybrid (online dan offline) pada awal Desember ini (1/12).

Untuk penyelenggaraan secara tatap muka bertempat di Hotel Aviary dengan menerapkan protokol kesehatan yang ketat, sedangkan secara daring melalui melalui kanal YouTube Ditjen IKP KOMINFO RI dan melalui aplikasi Zoom.

Pada kesempatan ini, hadir sebagai keynote speaker Direktur Jenderal Informasi dan Komunikasi Publik Kementerian KOMINFO RI, Bapak Usman Kansong, yang menyampaikan salah satu tantangan kehumasan pemerintahan saat ini adalah untuk meraih kepercayaan publik. Dibutuhkan upaya khusus untuk meraih kepercayaan publik, terutama saat mengeluarkan kebijakan yang tidak populer. “Transparansi adalah salah satu hal yang perlu dilakukan oleh pemerintah agar memperoleh kepercayaan publik,” katanya.

Menurutnya, peran strategis humas pemerintah bukan hanya pada diseminasi atau penyebaran informasi saja, tetapi juga perlu menyerap aspirasi publik agar terjalin komunikasi yang baik antara publik dan pemangku kepentingan lain termasuk pemerintah.

Dia juga menyampaikan pesan Presiden RI Joko Widodo bahwa agar pranata humas dapat berperan aktif untuk membangun reputasi pemerintah serta meningkatkan kepercayaan masyarakat tanpa memberitakan keburukan tentang siapapun atau menyebarkan hoax, fitnah, maupun ujaran kebencian. "Humas pemerintah juga harus mampu menyampaikan informasi mengenai kebijakan pemerintah yang valid di berbagai kanal, baik di media sosial, media massa, maupun secara tatap muka," ia menekankan.

Diingatkan pula kepada pranata humas agar terus meningkatkan kompetensi serta mampu beradaptasi terhadap perkembangan teknologi komunikasi dan informasi, yang mengakibatkan melimpahnya arus informasi yang beredar. “Pranata humas sejatinya harus bisa menyampaikan program yang sedang dikerjakan pemerintah kepada seluruh masyarakat dengan menggunakan berbagai kanal dengan menyesuaikan media komunikasi terhadap segmentasi audiens, baik secara geografis, demografis, maupun lainnya,” lanjutnya.

Sementara itu dalam laporannya, Direktur Tata Kelola dan Kemitraan Komunikasi Publik Kementerian KOMINFO RI Hasyim Gautama menyampaikan peran dan fungsi jabatan pranata humas sangat strategis untuk menjamin terpenuhinya hak dasar masyarakat untuk berkomunikasi serta memperoleh informasi terkait kebijakan-kebijakan pemerintah. “Untuk itu dibutuhkan koordinasi di kementerian, lembaga, maupun pemerintah daerah,” ucapnya.

Lebih jauh Hasyim menyampaikan bahwa Ditjen IKP Kementerian KOMINFO RI telah melakukan berbagai kegiatan pembinaan, penyusunan regulasi, pengembangan kompetensi SDM (Sumber Daya Manusia), melakukan koordinasi dengan berbagai instansi pengguna, serta menjamin kepastian karir dan penilaian kinerja.

Rapat koordinasi ini sendiri bertujuan untuk menyamakan persepsi mengenai pola pembinaan, pola karir, tugas-tugas di bidang layanan informasi dan kehumasan antara Kementerian KOMINFO RI, Kementerian PAN-RB, BKN, serta lembaga dan instansi lain, baik di tingkat pusat maupun daerah. Selain itu, rapat ini diharapkan dapat menjadi wadah untuk berbagi ide dan gagasan di antara pemangku kebijakan dengan pemangku jabatan pranata humas. Melalui rapat koordinasi ini diharapkan pula para peserta dapat memahami isu-isu terkini serta dapat beradaptasi dengan berbagai perubahan yang terjadi di bidang kepegawaian negara.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)