ARTOTEL FOR HOPE

The Best Cause Promotion Program

Indonesia's Best Corporate Social Initiatives 2019

Sebagai perusahaan manajemen hospitality Indonesia yang memadukan industri hospitality dengan industri kreatif Indonesia, Artotel Group berkomitmen untuk selalu menciptakan kegiatan kreatif yang melibatkan para tamu hotel dan masyarakat sekitar hotel. Salah satunya diwujudkan melalui inisiatif sosial bertajuk “Artotel for Hope”.

“Artotel for Hope” dihelat di semua properti yang dikelola oleh Artotel Group setiap bulan Desember. Objektif dari program tersebut adalah untuk mengajak para tamu menuliskan harapannya pada tahun baru dan memberikan kontribusi sosial yang digalang oleh pihak hotel melalui kegiatan donasi dan pameran seni. Target dari program tersebut adalah tamu hotel dan masyarakat sekitar hotel.

Melalui program “Artotel for Hope” yang digelar selama satu bulan, 1-31 Desember, Artotel mendonasikan Rp 10 ribu dari setiap kamar yang terjual dari segmen market individu. Donasi diserahkan kepada yayasan sosial yang ditunjuk pihak hotel. Selanjutnya, para tamu diajak terlibat pada program tersebut dengan menuliskan harapannya pada sebuah post it dan ditempelkan pada papan harapan (Wall of Hope) yang berada di lobby.

Pada “Artotel For Hope 2018”, Artotel mengusung konsep yang agak berbeda, namun tetap melibatkan seni. Artotel mengajak kerja sama Yayasan Konservasi Alam Nusantara (YKAN) atau The Nature Conservation (TNC), salah satu NGO yang bergerak pada kegiatan lingkungan, khususnya mengenai kegiatan koservasi hutan di Kalimantan.

Mengusung tema “Artotel for Hope untuk konservasi Hutan Kalimantan”, Artotel melakukan program art residence di Berau, tempat konservasi hutan YKAN yang berada di Kalimantan Timur. Artotel mengajak dua orang seniman yang terdiri dari pelukis dan fotografer untuk melihat langsung konservasi hutan YKAN pada bulan Oktober 2018, ke desa Merabu yang berada di Berau Kalimantan. Kemudian, mereka membuat karya seni yang terinspirasi dari pengalaman mereka ketika berkunjung ke tempat konservasi hutan tersebut. Hasil karya mereka yang terdiri dari lukisan dan foto di-display di ARTSPACE property Artotel yang berada di Jakarta, Bandung, Yogyakarta, Surabaya, dan Bali selama Desember 2018.

Program berkelanjutan “Artotel for Hope” sebenarnya sudah dimulai sejak 2016 lalu, dengan mengusung tema yang berbeda setiap tahunnya. Pada Desember 2016, tema yang diangkat adalah “DISLEXIART”, yaitu menggalang dana untuk komunitas anak anak Disleksia, dengan menyelenggarakan pameran seni dari seorang anak disleksia yang memiliki bakat di bidang seni, Aqil Prabowo.

Pada Desember 2017, program Artotel for Hope mengusung tema “Harapan untuk Mental Disabilitas”, dimana Artotel Group bekerja sama dengan yayasan sosial yang melakukan kegiatan rehabilitasi mantan penyandang Skizofrenia untuk memberikan kegiatan Workshop Art Therapy, yaitu penyuluhan seni kepada penderita. Dengan demikian, mereka dapat menggunakan seni sebagai penyaluran emosi mereka dan diharapkan dapat membantu proses penyembuhan mereka lebih cepat. Selanjutnya, hasil karya yang dibuat dari workshop ditampilkan di property Artotel yang berada di Jakarta, Surabaya, dan Bali.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)