Gandeng Pemda DKI, Tanoto Foundation Hadirkan Pilot Project PAUD

Menggandeng Pemerintah Daerah (Pemda) DKI Jakarta, penghujung Maret ini Tanoto Foundation meluncurkan pilot project pengelolaan Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD). Kali ini, PAUD yang dijadikan pilot project adalah PAUD Kenanga 17 yang berlokasi di Rusunawa Waduk Pluit, Jakarta Utara.

Pemerintah Daerah DKI Jakarta juga berharap Tanoto Foundation  bisa memberikan pendidikan kepada orangtua untuk diberikan keterampilan, seperti menjahit atau berwirausaha.

PAUD yang memiliki 150 peserta didik itu, akan mendapat dukungan berupa pembangunan infrastruktur seperti ruang kelas, ruang guru, perpustakaan, alat peraga edukatif, taman bermain, dan sarana olahraga. Selain itu, Tanoto Foundation juga berencana memberikan pelatihan dan pendampingan selama satu tahun untuk PAUD Kenanga 17.

"Pelatihan sembilan tenaga pengajar PAUD nantinya akan dikoordinasikan bersama dengan Pemda DKI dan Kemendikbud. Pelatihan juga akan diberikan kepada masyarakat sekitar agar mereka dapat menjalankan kegiatan yang menghasilkan pendapatan, yang kemudian akan digunakan mendukung operasional PAUD," papar anggota Dewan Pembina Tanoto Foundation, Imelda Tanoto.

Program Corporate Social Responsibility (CSR) yang dilakukan Tanoto Foundation di rusun Muara Baru sejalan dengan program Pemda DKI Jakarta untuk mewujudkan Jakarta baru yang modern dengan warga yang berbudaya sekaligus tinggal di hunian yang layak dan manusiawi. Untuk itu, pemerintah daerah DKI sangat menyambut baik program CSR Tanoto Foundation. Ke depan, pola PAUD tersebut akan menjadi model pengembangan rusun di DKI Jakarta.

Keluarga Tanoto sendiri sudah memberi perhatian pada pendidikan sejak  1981, yaitu saat pertama kali Sukanto Tanoto dan Tinah Bingei Tanoto mendirikan sekolah di Besitang, Sumatera Utara. Setelah lebih dari 30 tahun bergerak di bidang sosial dan pendidikan, kata Imelda, "Kami makin yakin bahwa investasi di bidang pendidikan merupakan kunci untuk masa depan yang lebih baik."

Mengutip Unicef Indonesia, Imelda mengatakan bahwa investasi pada pendidikan usia dini rata-rata membawa keuntungan positif sebanyak lima hingga tujuh kali lebih besar. Fakta itulah yang kemudian menjadi landasan mengapa Tanoto Foundation ingin bermitra dengan Pemda DKI Jakarta dalam mengupayakan pendidikan berkualitas untuk semua.

"Berdirinya fasilitas PAUD merupakan bukti keseriusan dan komitmen Tanoto Foundation dalam pemerataan kesempatan pendidikan sejak dini. Hal ini diharapkan dapat mendorong peningkatan kualitas hidup masyarakat Indonesia. Komitmen ini juga selaras dengan visi Tanoto Foundation, yakni penanggulangan kemiskinan melalui  3E, yaitu Education (pendidikan), Empowerment (pemberdayaan), dan Enhancement (peningkatan kualitas hidup)," tegas Imelda.

Pemerintah Daerah DKI Jakarta juga berharap Tanoto Foundation  bisa memberikan pendidikan kepada orangtua untuk diberikan keterampilan, seperti menjahit atau berwirausaha. Termasuk,  menyentuh pendidikan perilaku untuk membangun karakter para orangtua. Kemampuan itu menjadi sangat penting, karena lebih bisa memberikan pengaruh dalam mendidik anak. Mengingat, banyak sekali anak yang mengidolakan orangtuanya.

Leave a Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)