Ini Lima Pencapaian dari Inisiatif Berkelanjutan Schneider Electric

Setiap kuartalnya, Schneider Electric menerbitkan 21 indikator dari Schneider Sustainability Impact, yang mengukur perkembangan dari upaya perusahaan dalam mencapai target keberlanjutannya untuk periode 2018-2020. Tiap tahunnya, 21 indikator dalam laporan tersebut diverifikasi dan diaudit oleh auditor independen. 

Target ini sejalan dengan komitmen perusahaan dalam mendukung Kesepakatan COP 21 dan Tujuan Pembangunan Berkelanjutan PBB (Perserikatan Bangsa Bangsa). Berdasarkan verifikasi menyeluruh oleh auditor independen eksternal, Schneider Sustainability Impact berhasil mencapai skor 7,77 dari 10 untuk Q4 2019.

Diungkapkan Gilles Vermot Desroches, Sustainability Senior VP Schneider Electric, "Saat ini, komitmen yang kami canangkan dua tahun lalu telah membuahkan hasil. Schneider Sustainability Impact membuktikan bahwa mengambil langkah perubahan cepat dan disruptif untuk menciptakan dunia yang lebih berkelanjutan dengan beragam topik dan kompleksitas seperti Iklim, Ekonomi Sirkular, Kesehatan dan Kesetaraan, Etika dan Pengembangan, sangatlah dimungkinkan."

Menurutnya, tahun ini, akan menjadi tahun yang sangat penting bagi Schneider Electric karena perusahaan  akan terus memacu diri untuk mencapai target yang lebih ambisius. Termasuk, mengundang para pemangku kepentingan untuk membantu mendefinisikan program-program baru untuk Schneider Sustainability Impact 2021-2025, yang sejalan dengan Tujuan Pembangunan Berkelanjutan dari PBB.

Ada lima pencapaian yang berhasil diraih Schneider Electric. Berikut ini lima pencapaian Schneider berdasarkan laporan Schneider Sustainability Impact.

#1 Iklim

Ambisi untuk mengurangi intensitas emisi CO2 dari kendaraan sebesar 10% pada tahun 2020 vs 2017 sudah sesuai dengan jalurnya, dengan 4,13% tercapai pada akhir 2019. Program ini telah diperbaharui untuk ketiga kalinya sejak 2012 dengan kinerja efisiensi masing-masing 16% dan 10,3% dicapai pada 2012-2014 dan 2015-2017, dan akan menjadi semakin menantang. 

Pencapaian pengurangan emisi pada 2019 dicapai karena faktor pemuatan (loading) kontainer laut yang lebih baik, dan pengurangan penggunaan moda transportasi udara (Air Freight & Express) secara signifikan dibandingkan periode yang sama pada 2017. Pada Q4 2019, metode pelaporan yang barupun sudah diluncurkan dimana mewajibkan Penyedia Transportasi untuk membuat pelaporan akurat setiap bulan pada pengiriman yang dilakukan untuk Schneider Electric. 

Kolaborasi untuk mengurangi emisi CO2 dengan grup forwarder akan terus berlanjut, terutama dengan optimalisasi jejak karbon transportasi dan uji coba teknologi transportasi yang rendah karbon seperti kendaraan listrik dan hybrid. Contohnya di Brazil, dimana perusahaan bermitra dengan DHL untk menggunakan kendaraan listrik untuk semua pengantaran yang berjarak 100km di area pusat distribusi.

#2 Ekonomi Sirkular

Akhir 2019, Schneider Electric mengonfirmasi bahwa 55,2% penjualan direalisasikan dalam program Green Premium™ yang baru. Pada tahun 2019, tujuan utama program Green Premium™ adalah untuk memastikan bahwa produk Schneider telah sesuai dengan peraturan yang berlaku, memperluas ruang lingkup yang mencakup layanan dan solusi, menyediakan data tambahan mengenai lingkungan dalam data produk online, mengumpulkan testimonial konsumen yang memperlihatkan dampak Green Premium™ yang dirasakan oleh konsumen, dan untuk terus mengidentifikasi dampak positif terhadap lingkungan. 

Salah satu tambahan yang luar biasa pada portofolio Green Premium™ terkait kinerja sirkular yaitu layanan ECOFIT™ dari Schneider Electric, yang membantu konsumen menerapkan metodologi yang hemat biaya dan ramah lingkungan untuk memodernisasi dan memperbaiki peralatan listrik mereka dengan dampak yang minimal terhadap kegiatan operasional.

#3 Kesehatan dan Kesetaraan

Schneider Electric telah membuat kemajuan signifikan dalam mengidentifikasi dan mengatasi kesenjangan kompensasi secara sistematis. Pada akhir 2019, 99% karyawan di seluruh dunia bekerja dengan komitmen dan proses untuk mencapai kesetaraan kompensasi lintas gender. Selama dua tahun terakhir beberapa negara telah memperoleh kesetaraan terutama di Timur Tengah, Afrika, dan Amerika Selatan. 

Saat ini, proses penyesuaian kesetaraan kompensasi terintegrasi sepenuhnya ke dalam tinjauan gaji global tahunan. Berbagai program komunikasi dan edukasi telah dikembangkan dengan lebih dari 1.000 pemimpin dan memberikan pelatihan kepada komunitas HRD untuk membuat keputusan kompensasi yang adil dan merata dalam perekrutan, promosi, dan peninjauan gaji.

#4 Etika

Penilaian ISO26000 terkait pemasok strategisnya tetap menjadi salah satu aspek kunci dari Rantai Pasokan dan Pengadaan Schneider Electric untuk memimpin strategi pembangunan berkelanjutan. Skor rata-rata untuk 1.000+ pemasok strategis dalam peringkat ini adalah 54,8/100, naik 3,7 poin vs 2017, dan menjadi salah satu rantai pasokan berkinerja terbaik yang diukur oleh evaluasi pihak ketiga (Ecovadis). 

Sebagai referensi, skor rata-rata perusahaan dalam basis data Ecovadis adalah 43/100, dan skor Schneider sendiri adalah 80/100. Pencapaian ini disebabkan oleh prioritas yang berkelanjutan dalam proses pengadaan dan strategi pengawasan terhadap pemasok untuk terus meningkatkan aspek lingkungan, tenaga kerja & hak asasi manusia, etika dan pengadaan berkelanjutan dari rantai pasokan Schneider Electric.

#5 Pengembangan

Dalam 8 tahun keberadaannya, dengan 180 mitra di 80 negara, asosiasi Schneider Electric VolunteerIn mendaftarkan 11.421 hari kerja sukarela, berkat platform global VolunteerIn-nya. Delegasi Yayasan memainkan peran penting tahun ini, meningkatkan tingkat koneksi pada platform VolunteerIn sebesar 25%. Edisi kedua Giving Tuesday pada Desember 2019 juga memainkan peran penting, karena lebih dari 40 negara berpartisipasi dan beberapa inisiatif diusulkan kepada karyawan Schneider Electric di seluruh dunia. Negara-negara dengan misi terbanyak yang diusulkan oleh karyawan pada platform VolunteerIn antara lain Brasil, Meksiko, AS, dan Prancis. Sementara mereka yang berkontribusi, dengan China, lebih dari 60% dari tujuan global perusahaan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)