SEKOLAH RAKYAT ANCOL

The Best Philanthropy Program

Indonesia's Best Corporate Sustainability Initiatives 2019

PT Pembangunan Jaya Ancol mengembangkan Sekolah Rakyat Ancol (SRA) untuk anak-anak putus sekolah bekerja sama dengan Yayasan Sekolah Rakyat Indonesia (YSRI). Hal ini merupakan wujud kepedulian perusahaan untuk memajukan dunia pendidikan di Tanah Air.

Dirintis sejak 2004, SRA memberikan kesempatan kepada anak putus sekolah dari keluarga kurang beruntung secara ekonomi untuk melanjutkan sekolahnya ke tingkat menengah (SMP). SRA berada di dua lokasi, yakni SRA 1 terletak di wilayah Kelurahan Pademangan Barat dan SRA 2 yang berlokasi di wilayah Kelurahan Ancol. Kedua sekolah menampung lebih dari 131 siswa dan didukung dengan tenaga pengajar yang memiliki kompetensi di bidang pendidikan. Sekolah memiliki fasilitas perpustakaan, laboratorium komputer, ruang ekstrakurikuler menjahit dan ruang tata boga.

Sebagai program sekolah terbuka, SRA memiliki sekolah induk yaitu SMPN 95 Jakarta yang berada di Tanjung Priuk, Jakarta Utara. Tercatat sekitar 220 alumni yang telah mengenyam pendidikan di SRA. Kini lulusannya sudah ada yang melanjutkan ke Perguruan Tinggi Negeri di Jakarta dan Banten.

Uniknya program ini adalah, seluruh kegiatan belajar mengajar dapat dilakukan secara mandiri namun di akhir masa pembelajaran siswa akan memperoleh ijazah sekolah negeri. Hal ini memberikan keleluasaan kepada Ancol dan YSRI selaku pelaksana program SRA untuk dapat memberikan tidak hanya materi akademis sesuai kurikulum namun juga materi seperti kewirausahaan dan pembekalan akhlak sesuai dengan moto sekolah yaitu “Mandiri, Berjiwa Pemimpin dan Berakhlak Mulia.”

Selain itu, seluruh siswa juga dibekali dengan kegiatan ekstrakulikuler seperti kesenian angklung, musik perkusi, english club dan taekwondo. Siswa SRA juga memiliki kesempatan untuk dapat menikmati fasilitas yang berada di dalam kawasan rekreasi Taman Impian Jaya Ancol secara cuma-cuma seperti berolahraga di areal pantai dan juga kegiatan renang rutin di Atlantis Water Adventure. Uniknya lagi, gedung sekolah didirikan dengan konsep daur ulang recycle dan reuse dengan memanfaatkan peti kemas yang tidak terpakai.

Kehadiran SRA ini kami harapkan dapat berkontribusi dalam dunia pendidikan dan memberikan manfaat sebaik-baiknya bagi seluruh siswa. Mereka adalah anak-anak kami yang terus kami bina dan kembangkan kompetensinya agar menjadi penerus bangsa,” ujar Dirut Pembanguan Jaya Ancol Paul Tehusijarana.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)