10 Video Iklan YouTube Terpopuler di Indonesia

Awal tahun 2014 ini, Google melalui YouTube Ads Leaderboard, baru saja merilis daftar sepuluh video iklan YouTube terpopular di Indonesia. Hasil Leaderboard perdana tersebut menampilkan merek- merek dengan video iklan terbaik berdasarkan penayangan organik (organic views) dan penayangan berbayar (paid views). Peringkat tiga besar masih ditempati oleh iklan-iklan global. Dove menduduki posisi pertama dengan video 'Real Beauty Sketches' yang menjadi sensasi global. Cerita tiga menit yang mengangkat pesan body acceptance itu berhasil sanggup mendapatkan 60 juta penayangan sekaligus mengena di hati penonton online Indonesia. Lifebuoy menempati posisi kedua melalui pendekatan emosional serupa. Yaitu, menceritakan perjalanan seorang ayah di India yang sedang mengunjungi sebuah pura untuk merayakan ulang tahun kelima anak pertamanya. Iklan Samsung menempati posisi ketiga dengan video berjudul “Evolution of Husbands,” yang menampilkan seorang istri yang ingin menggunakan teknologi smart TV dari Samsung untuk meng-upgrade kebiasaan buruk suaminya. Iklan Indonesia (Pun) Berjaya di YouTube Selain iklan global, iklan-iklan buatan Indonesia pun berhasil menempati peringkat sepuluh besar di YouTube. Sunsilk Indonesia misalnya, sanggup menduduki posisi keempat dengan versi “Kilaumu”. Video musik itu menampilkan keindahan rambut penyanyi pop Raisa.

Iklan para wiraswastawan lokal yang menyumbangkan suaranya untuk video kelompok Wirausaha Muda Mandiri (WMM) & Mandiri Young Technopreneur berhasil menempati posisi kelima di 2013 Indonesia YouTube Ads Leaderboard.

Sementara itu, para wiraswasta lokal yang menyumbangkan suaranya untuk video kelompok Wirausaha Muda Mandiri (WMM) & Mandiri Young Technopreneur berhasil menempatkan iklannya di posisi kelima. Adapun Vaseline Men, berjaya di posisi keenam, dengan menampilkan grup musik pop NOAH. Garuda Indonesia sebagai sponsor resmi Klub Sepak Bola Liverpool, juga mampu menarik minat hati penonton online Indonesia. Iklan tersebut menutup daftar iklan terpopular versi YouTube, yakni dengan menempati posisi ke-sepuluh. Video iklan tersebut menampilkan ekspresi senang seorang anak pecinta sepak bola saat mengetahui idolanya juga sedang berada dalam penerbangan yang sama dengan ia dan keluarganya. Dengan adanya enam video iklan asing mengisi daftar sepuluh peringkat teratas ini, jelas terlihat bahwa merek lokal masih dapat terus mengembangkan potensinya. “YouTube adalah platform global yang dapat menjangkau konsumen lokal. Kesuksesan keempat video lokal ini menunjukkan bahwa masyarakat menghargai video yang dibuat khusus untuk penonton Indonesia. Itu artinya, ada kebutuhan akan video iklan yang masih harus dipenuhi merek lokal, dan ada peluang signifikan untuk merek lokal yang berusaha memenuhi kebutuhan tersebut,” kata Krishna Zulkarnain, Head of Marketing Google Indonesia. Para pengiklan mungkin menganggap bahwa resep sukses video iklan merupakan rahasia umum. Namun, ia mengingatkan bahwa dunia digital telah mengubah aturan mainnya. “Pengiklan harus menantang dirinya untuk menciptakan video yang lebih dari sekadar spot iklan 30 detik agar mampu memanfaatkan semua potensi teknologi digital. Termasuk di dalamnya, elemen visual, suara, dinamika, dan interaktivitas,” ia menyarankan. Berikut daftar "2013 Indonesia YouTube Ads Leaderboard":
  1. Dove - Real Beauty Sketches
  2. Lifebuoy - Help a Child Reach 5
  3. Samsung - Evolutionary Husband?
  4. Sunsilk Indonesia - RAISA "KILAUMU"
  5. Samsung - GALAXY S4 zoom Official TV Commercial
  6. Wirausaha Muda Mandiri (WMM) & Mandiri - Young Technopreneur
  7. Vaseline - Ganteng Maksimal - David NOAH #gantengmaksimal
  8. Standard Chartered - 90 Seconds to Anfield
  9. Acer - The convertible Acer Aspire P3 Ultrabook With Tiësto
  10. Garuda Indonesia - Official Global Airline Partner of Liverpool FC

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)