2014, Midea Masuk Pasar Small Home Appliance

Sukses menghimpun pendapatan sebesar US$ 17,7 juta di 2012 dan US$ 22,2 juta di tahun 2013, Midea Indonesia kembali mematok pendapatannya di 2014 di angka US$ 28,7 juta. Optimisme itu diwujudkan Midea Indonesia lewat rangkaian produk anyar yang mulai diluncurkan pada akhir tahun ini hingga di tahun 2014 nanti.

Total penjualan didominasi oleh produk AC (51%-53%), Midea Indonesia meluncurkan solusi Midea AC Fairy Series yang dipasarkan seharga Rp 2,3 juta - Rp 4 jutaan, dan ditargetkan terjual 80 ribu unit sepanjang 2014.

Dijelaskan Jino Sugianto, Presiden Direktur Midea Electronics Indonesia, "Untuk mencapai target di tahun depan, kami akan meluncurkan berbagai produk baru di kategori white goods. Kami juga kan masuk ke pasar small home appliances." Untuk kategori white goods(seperti AC, kulkas, dan mesin cuci), selama ini Midea Indonesia paling banyak dikontribusi oleh AC, sekitar 51-53 persen. Berikutnya, disusul oleh mesin cuci 30 persen dan sisanya dikontribusi oleh lemari es. Hal itu cukup dimaklumi, mengingat pertumbuhan AC secara nasional di 2013 mencapai 33 persen secara unit—yang sampai Oktober 2013 sudah menembus 1,9 juta unit AC—dan 29 persen secara rupiah. Oleh karena itu, pada Desember ini (9/11), Midea meluncurkan solusi yang disebut Midea AC Fairy Series. Dijelaskan Franky Angelo, Product Marketing Manager Midea Electronics Indonesia, "Berbeda dengan generasi AC sebelumnya, AC Fairy Series memiliki dua tipe, Super Fairy dan Fairy, yang dilengkapi sejumlah kelebihan. Antara lain, konsumsi listrik 260 watt untuk tipe Super Fairy, serta teknologi CIA (Compressor Intelligence Alert) yang memungkinkan AC secara otomatis mendeteksi adanya kebocoran pada pipa." Dilempar ke pasar dengan harga Rp 2,3 juta - Rp 4 jutaan, rangkaian produk AC Fairy Series yang tersedia dalam kapasitas 0,5 hingga 2 PK, diharapkan akan dapat memberikan kontribusi sebesar Rp 200 miliar dari total target 2014 untuk kategori AC. "Artinya, tahun depan, kami berharap total AC Midea dapat terjual 80 ribu unit," target Jino. Sementara itu, di tahun 2014 nanti, Midea akan kembali melengkapi line up produknya di kategori AC, lemari es, dan mesin cuci. "Tahun 2014 nanti, kami juga ingin memperbesar pasar mesin cuci, dengan memperkenalkan tiga teknologi baru mesin cuci Midea di tahun depan. Kami juga akan masuk di kategori small home appliances, seperti magicom, water dispanser, water heater, dan air cooler di 2014 nanti," terang Jino.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)