Holcim Perkuat Basis Jawa Timur

Melemahnya nilai tukar Rupiah terhadap Dolar Amerika berpengaruh besar pada sektor industri secara keseluruhan. Direktur Komersial Holcim Indonesia, Jan Kunigk mengatakan bahwa industri padat modal dengan biaya dalam bentuk denominasi Dolar Amerika akan mengalami kenaikan biaya, tidak terkecuali Holcim.

Beroperasinya fasilitas penggilingan semen Tuban 1 di Jawa Timur, Holcim menargetkan peningkatan pangsa pasar untuk area-area tersebut.

Menurut Kunigk, kenaikan biaya ini juga akan berdampak pada konsumen dalam bentuk kenaikan harga jual. “Holcim Indonesia mengalami kenaikan biaya yang signifikan untuk biaya iklan, distribusi, energi, dan upah di tahun 2013. Biaya keuangan untuk perluasan pabrik Holcim di Tuban juga mengalami peningkatan karena naiknya suku bunga bank dan depresiasi rupiah dari pinjaman luar negeri,” ungkapnya. Saat ini, Holcim Indonesia sudah mulai mengoperasikan fasilitas penggilingan semen Tuban 1 di Jawa Timur. “Dengan beroperasinya Tuban 1, perusahaan akan mampu memenuhi kebutuhan pelanggan di Jawa Timur dan pasar di luar pulau Jawa, serta mampu menjamin ketersediaan pasokan barang. Kami menargetkan peningkatan pangsa pasar untuk area-area tersebut,” kata Kunigk. Meskipun kondisi ekonomi Tanah Air cukup mengkhawatirkan, namun Kunigk tetap optimis bahwa industri Semen dan sektor konstruksi dalam jangka menengah tetap memiliki prospek yang cerah, karena kebutuhan perumahan masih menjadi faktor utama dari permintaan pasar semen. Setidaknya ada 800 ribu rumah baru yang dibutuhkan setiap tahunnya. Untuk itu, imbuh Kunigk, sebagai produk semen premium, Holcim lebih mengutamakan upaya untuk memberikan solusi yang memberi nilai tambah bagi konsumen, yang dapat lebih memperkuat posisi kompetitif Holcim. “Sebagai produk semen premium, kami terus memberikan nilai tambah bagi para pelanggan, seperti misalnya kelancaran pengiriman yang tepat waktu, jaminan ketersediaan pasokan, serta solusi-solusi inovatif seperti; armada MiniMix untuk menjangkau beragam daerah perumahan, waralaba Solusi Rumah untuk pengembang dan kontraktor; serta SpeedCrete yaitu beton untuk perbaikan jalan,” tutupnya.
Tags:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)