Target Tumbuh 500%, Ini Strategi Elevenia Menangkan Pasar di 2016

Elevenia Tahun ini, Raisa resmi menjadi Brand Ambassador Elevenia.

Sepanjang tahun 2015 lalu, platform open marketplace Elevenia berhasil mencetak total transaksi sebesar Rp1,3 triliun atau tumbuh 500% dibandingkan tahun 2014. Pertumbuhan tersebut antara lain dari sisi bisnis, volume, maupun membership. Melihat pencapaian tersebut, tak heran jika di tahun keduanya ini Elevenia akan lebih agresif menjangkau pasar setidaknya dengan tiga strategi.

Pertama, mengawali tahun 2016, Elevenia secara resmi menggandeng penyanyi wanita Raisa sebagai Brand Ambassador terbarunya. Menurut James Lee, CEO Elevenia, pemilihan Raisa sebagai Brand Ambassador Elevenia dinilai tepat dan dapat mewakili target market Elevenia yang menyasar semua segmen konsumen, khususnya anak muda berusia 24-35 tahun.

“Tahun lalu pencapaian kinerja kami sangat memuaskan, bisa tumbuh lima kali lipat dibanding tahun sebelumnya. Kami memiliki 30 ribu seller dengan total 4 juta produk, dan 2 juta member yang terdaftar di database kami. Selain itu, Elevenia juga mencetak 20 ribu transaksi per hari. Dengan memilih Raisa sebagai Brand Ambassador, kami optimis tahun 2016 akan menjadi tahunnya Elevenia,” ungkap James.

Strategi kedua, agresif lewat aktivitas brand activation. Menurut Anggita Vela Lydia, GM Partnership & Promotion Elevenia, setiap bulan Elevenia akan menggelar aktivitas bersama Raisa, baik lewat program promosi maupun kegiatan on ground. “Kami sudah menyiapkan beberapa program baru dengan Brand Ambassador baru kami, antara lain special voucher dan program “Mendadak Dijajanin Raisa”. Sampai saat ini, program promosi memang masih sangat efektif bagi e-commerce untuk menjangkau pasar,” katanya.

Ketiga, mengedukasi dan meningkatkan kredibilitas seller atau merchant sebagai salah satu unsur penting dalam bisnis Elevenia. Diakui Vela, mengedukasi seller merupakan salah satu challenge Elevenia tahun ini, karena seller atau merchant adalah touch point utama antara Elevenia dengan konsumen.

“Tahun ini, kami akan memperkuat kinerja merchant kami. Di Elevenia kami memiliki Seller Zone, yaitu sebuah program edukasi untuk para seller dimana mereka kami latih bagaimana meningkatkan penjualan mereka, bagaimana cara berjualan online yang tepat dan benar, bahkan kami juga menyediakan studio foto yang bisa mereka gunakan untuk kebutuhan pemotretan produk mereka,” pungkas Vela yang menargetkan transaksi sebesar Rp3,5 triliun tahun ini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)