Mengapa Saya Harus Membeli Merek Anda?

Anda membeli kecap (saus) tomat? Apakah botol kecap Anda duduk tegak atau terbalik? Kecap Heinz dimulai pada tahun 1876. Selama beberapa tahun pasarnya cenderung stagnan. Pada tahun 2002, Heinz melakukan perubahan desain botol kecap karena ingin meningkatkan penjualannya.

Ini karena berdasarkan temuan risetnya, pelanggan kecap
mengalami kesulitan saat mengeluarkan  sedikit kecap dari botolnya. Seringkali, untuk
mengeluarkan kecap dalam volume kecil, pengguna  memasukkan pisau ke botol.

Ada juga yang mengeluarkannya dengan cara mengocok botol hanya untuk disemprotkan dengan menambahkan air sehingga encer dan mudah dikeluarkan, atau mencoba menyeimbangkan botol yang menghadap ke kanan terbalik. Mengingat lehernya yang panjang dan sempit dan lebar, itu adalah tindakan yang sulit.

Heinz merespons dengan memperkenalkan botol saus tomat
terbalik, menerapkan desain paket yang pertama kali ditemukan untuk sampo. Ini
merupakan terobosan Heinz guna memberikan alternatif yang lebih baik sebagai solusi
bagi pengguna dan merevolusi produk yang berusia 150 tahun itu.

Perusahaan yang bermarkas di Pittsburgh ini menghabiskan
waktu tiga tahun merancang wadah yang nyaman itu.  Namun hasilnya, setahun setelah debut botol
itu, penjualan kecap Heinz naik 6 persen, sementara industri kecap secara
keseluruhan hanya meningkat 2 persen.

Orang membeli produk dan layanan adalah untuk memenuhi
kebutuhan mereka. Di bidang ekonomi, mereka mengatakan bahwa setiap tindakan
yang Anda atau saya lakukan dilatarbelakangi oleh apa yang disebut sebagai “merasa
tidak puas.”

Orang merasa tidak puas dengan kondisinya saat ini karena beberapa alasan. Karena ketidakpuasan itu, secara internal mereka termotivasi atau terdorong untuk mengambil tindakan untuk meredakan ketidakpuasan ini. Pikirkan contoh duduk di pin.

Ketidaknyamanan memicu tindakan segera untuk menghilangkan rasa sakit dan untuk mencapai tingkat kepuasan yang lebih besar, yang tidak melibatkan pin.

Ketika Steve Jobs kembali ke Apple pada tahun 1996,
perusahaan itu hampir bangkrut. Dia menyadari bahwa mereka tidak dapat
menumbuhkan perusahaan yang menjual produk yang sama seperti yang telah mereka
pasarkan selama lebih dari dua puluh tahun. Mereka membutuhkan produk terobosan
yang akan membuka pasar yang sama sekali baru bagi mereka.

Steve Jobs akhirnya memutuskan apa yang kemudian dikenal
sebagai iPod. Memproduksi iPod membutuhkan teknologi yang sama sekali baru, dan
kemajuan teknologi yang lama. Selan itu, diperlukan pembentukan kembali seluruh
pasar penjualan dan pengiriman lagu untuk diputar di perangkat saku.

Setelah mengembangkan produk, menegosiasikan kontrak
pembelian satu lagu dengan sebagian besar perusahaan rekaman besar, mendirikan
toko online iTunes, dan bersiap untuk pergi ke pasar? Belum.  Apple masih berjuang untuk menciptakan slogan
iklan sederhana yang akan meringkas manfaat iPod bagi orang-orang yang belum
pernah melihat atau menggunakan produk semacam itu sebelumnya.

Akhirnya muncul dengan slogan terobosan, "1,000 songs
in your pocket” (1.000 lagu di saku Anda). Sisanya adalah sejarah. Apple
menjual 50 juta iPod dengan keuntungan 50 persen. Produk ini menandai awal
kebangkitan kembali Apple sehingga menjadi perusahaan paling berharga di dunia.

Pages: 1 2

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)