Sejumlah situs belanja online dan didukung oleh Telkomsel, BNI, BRI, dan RPX, untuk kedua kalinya kembali meramaikan Hari Belanja Online Nasional yang jatuh setiap tanggal 12 Desember. Online event terbesar yang secara rutin dilakukan di akhir tahun tersebut menjadi ajang dimana para online retailer sepakat untuk memberikan diskon tertinggi yang pernah diberikan di sepanjang tahun 2013.

Sejumlah perwakilan dari ke-22 e-Commerce yang mendukung ajang Hari Belanja Online Nasional 2013, saat temu media, Selasa (10/12), di Jakarta.

Rama Mamuaya, Pendiri DailySocial.net mengimbau kepada para pelaku e-Commerce agar memanfaatkan momen Hari Belanja Online Nasional #1212Sale ini sebagai ajang meningkatkan kembali kepercayaan konsumen terhadap online shopping. Menurutnya, membangun kepercayaan merupakan satu-satunya 'pekerjaan rumah' para e-Commerce yang harus selalu diterapkan secara terus-menerus.

“Bisnis e-Commerce saat ini semakin mudah dan murah, karena adanya jejaring sosial seperti Facebook dan Twitter. Tetapi itu saja tidak cukup, dibutuhkan kreativitas dan keunikan. Beberapa konsumen kadang tidak membeli barang hanya karena harganya murah, tetapi karena dia tahu siapa yang menjual barang tersebut. Artinya ada kepercayaan. Oleh karena itu, build the trust sangat penting untuk menciptakan word of mouth (WOM) dan menjadi referensi bagi konsumen lainnya,” papar Rama, pada Selasa (10/12) di Jakarta.

Bukan sekedar perhelatan tahunan biasa, kampanye bertajuk #1212Sale ini juga bertujuan untuk mengedukasi masyarakat tentang kemudahan belanja online secara aman dan nyaman yang dapat dilakukan kapan saja dimana saja. Kampanye yang digelar selama sehari (24 jam) ini turut mengamban misi untuk memajukan industri e-Commerce di Indonesia sebagai negara dengan pertumbuhan pengguna internet cukup tinggi, yang saat ini telah mencapai angka 63 juta lebih.

Kristin Tersiana Rosa, Regional Merchant & Partnership Manager Telkomsel, mengatakan, “Kami melihat, kerja sama Telkomsel dengan e-Commerce merupakan sesuatu yang penting bagi kami, karena tujuannya semata-mata untuk memberi manfaat kepada pelanggan. Secara bisnis, kerja sama ini jelas menguntungkan kedua belah pihak. Selain itu, event ini juga sebagai upaya kami mengedukasi konsumen tentang belanja online yang aman dan nyaman.”

Sementara, Iwan Tantra, CEO PinkEmma.com mengungkapkan, program kampanye belanja online yang dilakukan pada Hari Belanja Online Nasional di tahun 2012, cukup berhasil mendapat respon positif dari konsumen. Terbukti, pada hari itu, angka transaksi meningkat hingga tiga kali lipat dari hari biasanya. “Tahun ini kami targetkan transaksi bisa meningkat 5-10 kali lipat," patoknya.

Hampir sama seperti tahun lalu, Hari Belanja Online Nasional 2013 kali ini kembali diramaikan oleh deretan situs e-Commerce besar seperti Lazada.co.id, Zalora.co.id, Pinkemma.com, Berrybenka.com, Tiket.com, LivingSocial.co.id, Bilna.com, DamnILoveIndonesia.com, FoodPanda.co.id, Lakupon.com, Blandja.com, Reebonz.co.id, Traveloka.com, Qraved.com, bobobobo.com, Luxola.com, Maskool.in, getScoop.com, Shopdeca.com, Sukamart.com, dan HotelQuickly.com.

Leave a Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)