Bangun Pabrik Baru, Kawasaki Tingkatkan Ekspor

Kawasaki Heavy Industries telah meresmikan pabrik keduanya yang berada di Kawasan Industri MM2100 Cikarang Barat, Bekasi, pada Selasa  (8/4/2014). Pabrik tersebut rencananya akan fokus untuk meningkatkan angka ekspor sepeda motor Kawasaki ke tiga negara tujuan, yaitu Filipina, Malaysia, Vietnam.

Bangun pabrik kedua di Cikarang Barat Bekasi, Kawasaki Motor Indonesia gelontorkan US$102,7 juta, dan menelan biaya investasi mencapai US$102,7 juta.

"Ekspornya ada 1.000 unit per bulan, per tahunnya jadi 12 ribu unit sepeda motor," kata Deputy Marketing Kawasaki Motor Indonesia, Yusuke Shimada, di Kawasaki Heavy Industries, Kawasan MM2100 Cikarang Barat, Selasa (8/4). Pabrik kedua Kawasaki berkapasitas 150 ribu unit per tahun dengan seluas 44 ribu meter persegi dan dibangun di atas lahan 150 ribu meter persegi. Yusuke kemudian menjelaskan, jenis sepeda motor yang diekspor adalah Kawasaki KLX150 dan Kawasaki Ninja RR Mono. "Yang diekspor adalah KLX150 dan Ninja RR Mono, karena peluang pasarnya ada," katanya seperti dikutip dari siaran pers yang diterima MIX. Dengan kapasitas produksi 150 ribu unit di pabrik Kawasaki di Cikarang Barat, ditambah 100 ribu unit produksi dari pabrik Kawasaki I di Pulogadung, mulai tahun ini total kapasitas pabrik Kawasaki di Indonesia menjadi 250 ribu unit per tahun. "Pabrik tersebut terbesar setelah Jepang dan Thailand," kata Presiden dan CEO Kawasaki Heavy Industries, Shigeru Murayama. Sementara itu, biaya yang digelontorkan Kawasaki untuk membangun pabrik keduanya ini sebesar US$102,7 juta. "Pembangunan pabrik kedua milik Kawasaki Motor Indonesia menelan biaya investasi mencapai US$102,7 juta," kata Menteri Perindustrian RI, M. S. Hidayat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)