Bersemangatlah Menggarap Pasar Wanita

Ketika orang berpikir tentang pasar yang seksi dan pertumbuhannya cepat, mereka sering membayangkan negara-negara seperti Cina dan India. Disitulah kesalahannya.

Mereka salah. Ketika mereka berpikir tentang pasar yang dibatasi oleh wilayah, mereka kehilangan peluang untuk mendapatkan pasar terbesar di dunia. Padahal, pasar terbesar itu ada di dekat mereka.

Dimana? Pasar terbesar adalah di rumah, di mana pun Anda menyebut rumah disitulah ada wanita. Merekalah yang mengedalikan 70 hingga 80 persen dari pengeluaran konsumen. Tak mengherankan bila Anda harus memutar ulang strategi pemasaran ke depan dengan menekankan pada upaya bagaimana menarik pasar yang terus berkembang ini.

“Di era kecepatan, kemudahan, pemilihan, dan harga, memenangkan bisnisnya menuntut penguasaan setiap elemen pengalaman pelanggan, termasuk interaksi manusia. “

"Wanita adalah kompas yang menunjukkan arah tentang bagaimana
pasar berubah," kata Brennan. "Sama seperti kita terus meningkatkan
perangkat lunak kita agar tetap dalam kondisi kekinian, kita harus meningkatkan
pengalaman pelanggan agar tetap relevan. Dalam ekonomi konsumen yang didominasi
oleh wanita, keterampilan baru diperlukan."

Ketrampilan apa? Pada saat pengalaman pelanggan yang hebat memberikan
harapan, sebagai pintu gerbang ke orang lain, wanita memiliki kemampuan
memberikan efek pengganda pada penjualan. Bahkan ketika seorang wanita yang
tidak membayar sesuatu dengan uangnya sendiri, dia biasanya adalah seorang
influencer yang kuat di balik pembelian orang lain. Itu bisa dilihat
dimana-mana.

Misalnya, jika suami dan istri melihat rumah model dan
wanita itu tidak menyukainya, pasangan tersebut tidak akan membelinya. Efek
pengganda ini memiliki beberapa dimensi yang dapat memengaruhi kesuksesan
penjualan. Salah satu aspeknya, misalnya, adalah cara perempuan menjadi
pendorong utama publisitas dari mulut ke mulut (yang sekarang termasuk berbagi
sosial secara online) bagi orang-orang dan perusahaan berbisnis.

Ini karena dalam budaya wanita, mereka cenderung berbicara tentang pengalaman membeli mereka satu sama lain, secara rutin mendiskusikan topik seperti apa yang mereka beli, di mana mereka membelinya, kesepakatan seperti apa yang mereka dapatkan (jika ada), dan apa jenis layanan yang mereka terima.

Ini adalah salah satu alasan mengapa pelanggan wanita yang bahagia dapat menghasilkan tingkat pengembalian yang besar dalam publisitas dari mulut ke mulut. Dia mewakili berbagai pelanggan potensial lainnya.

Berbeda dengan wanita, biasanya, pria tidak berbicara dengan
teman pria mereka tentang topik ini dengan frekuensi dan kedalaman yang sama
seperti yang dilakukan wanita. Wanita berbicara tentang hal ini karena mereka
tahu teman wanita mereka biasanya memiliki tanggung jawab yang sama dengan yang
mereka lakukan dalam hal penyediaan dan pengadaan untuk rumah tangga.

Wanita juga berbagi tekanan yang sama untuk memenuhi standar budaya untuk perawatan, penampilan pribadi, persiapan makan, kebersihan rumah, dan membesarkan anak, ketika mereka menyebutkan beberapa harapan masyarakat.

Karena itu, mereka sering merasa bahwa itu adalah tugas mereka untuk memberi tahu teman-teman mereka tentang sumber daya yang hebat dan memperingatkan mereka dari pengalaman buruk, dengan semangat membantu.

Buku Bridget Brennan ini ditulis berdasarkan penelitian dan
wawasanpebulisnya sehingga menawarkan panduan praktis dalam memberikan
pengalaman pelanggan yang disesuaikan untuk pasar pertumbuhan terbesar —
​​wanita! Pendekatan logisnya adalah intuitif dan dapat ditindaklanjuti baik
bagi pria maupun wanita.

Dalam buku ini (Harper Collins Leadership, Maret 2019), Bridget Brennan menawarkan kerangka kerja bagi bisnis tentang cara menciptakan pengalaman pelanggan yang inklusif yang melibatkan pasar yang sangat penting ini. Brennan menawarkan wawasan berharga tentang pola dan perspektif pembelian wanita, dan memberikan panduan praktis untuk meningkatkan pengalaman pelanggan.

Bridget Brennan adalah CEO Female Factor, sebuah perusahaan konsultan strategis yang berfokus khusus pada konsumen wanita. Dia adalah pembicara profesional terkemuka tentang masalah ini dan juga penulis buku Why She Buys: Strategi Baru untuk Mencapai Konsumen Paling Kuat di Dunia (Crown Business, 2011).

Dia dinobatkan sebagai " Woman to Watch in Retail Disruption" oleh lembaga think tank sosial Remodista dan merupakan kontributor Forbes.com. Selain itu, ia adalah anggota Dewan Penasihat Wanita Vikings dari tim Liga Sepakbola Nasional Minnesota Vikings, dan sering menjadi dosen tamu.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)