BEST OF THE BEST Brand Activation for KIDS 2013: Kalbe Junior Science Fair 2013

Berbeda dengan perhelatan tahun-tahun sebelumnya (2011 dan 2012), aktivasi "Kalbe Junior Science Fair" tahun ini digelar dengan skala yang lebih besar. Jika sebelumnya event dihelat di ruang tertutup (indoor) JHCC Jakarta, maka tahun ini perhelatan akbar Kalbe Group itu diselenggarakan di ruang terbuka (outdoor) Ecovention Ancol, Jakarta, pada akhir pekan, 20-21 September 2013.

Kalbe Junior Science Fair merupakan program integrasi merek-merek Kalbe dengan membidik anak-anak menjadi targetnya, karena selain sebagai future market, anak-anak dapat lebih mudah dikenalkan pada dunia sains—agar kelak dengan sains mereka bisa memberikan kontribusi kepada bangsa dan negara Indonesia.

Kalbe Junior Science Fair merupakan festival sains yang menghadirkan beragam edukasi sains, kompetisi sains, atraksi, permainan anak, hingga hiburan—oleh idola anak-anak seperti Coboy Junior, Fathin, dan Mika Angelo. Perhelatan tersebut disebut sebagai festival sains anak terbesar di Indonesia, karena dihadiri ribuan anak yang berkesempatan belajar dan bermain mengenai sains dengan cara yang “menyenangkan”.

Festival sains bertajuk “Kalbe City” itu juga menawarkan tema yang berbeda dari tahun-tahun sebelumnya, yaitu tema dunia bawah laut. Di Kalbe City anak anak diberi kesempatan belajar dan bermain aneka hal yang berkaitan dengan dunia nutrisi dan kesehatan di booth beragam merek keluaran Kalbe—seperti Fatigon Hydro, Entrostop, Gazero, Sakatonik ABC, Zee, hingga Woods—yang hadir dengan konsep belajar sambil bermain. Di sana mereka juga berkesempatan berjumpa dan berinteraksi langsung dengan peneliti muda, anak-anak Indonesia dari 19 propinsi di Indonesia yang datang untuk mengikuti lomba sains "Kalbe Junior Scientist Award".

Kalbe Junior Science Fair merupakan aktivitas bersama merek-merek keluaran Kalbe yang sejalan dengan visi dan misinya untuk selalu berinovasi menciptakan kehidupan yang lebih baik. Anak-anak menjadi target yang dibidik Kalbe melalui aktivasi ini karena selain sebagai future market, anak-anak dapat lebih mudah dikenalkan pada dunia sains—agar kelak dengan sains mereka bisa memberikan kontribusi kepada bangsa dan negara Indonesia.

Selain mengkampanyekan event lewat media masa, untuk menggalang minat anak-anak, Kalbe bersinergi dengan beberapa mitra, yaitu Pengelola Ancol yang memiliki jaringan pemasaran yang kuat ke sekolah-sekolah di seluruh Indonesia, Kementrian Kelautan, Kementerian Riset dan Teknologi, Pemerintah DKI Jakarta, LIPI, dan BP Iptek. Kalbe juga melakukan roadshow ke beberapa kota untuk mengundang anak-anak TK dan SD di sana, termasuk mengundang anak-anak dari sekolah binaan Kalbe Group.

Dengan berbagai upaya tersebut, pada hari pertama penyelenggaraan event ini (Jumat, 20 Septembmer 201) saja, hingga pukul 13.47 WIB jumlah pengunjungan Ancol mencapai 25.160 orang di mana 22 ribu pengunjung di antaranya adalah rombongan yang berkunjung ke Kalbe Junior Science Fair. Padahal, pada low season, jumlah pengunjung Ancol paling tinggi hanya 10 ribu orang.

Juri The Most Impactful Brand Activation 2013 Fary Farghob menilai strategi ini tepat untuk memperkuat corporate image dari Kalbe Group sebagai leading corporation dengan owning science dan menyajikannya secara fun dan attractive. “Akan lebih impactful apabila campaign ini disajikan secara integrated dengan eksplorasi touch points yang relevan, termasuk digital, PR, dan TV fillers,” katanya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)