Merayakan ulang tahunnya ke-105, Daihatsu global di Indonesia menggelar aktivitas merek yang melibatkan konsumen setianya lewat ajang festival bertajuk “Daihatsu Sensasioli” yang digelar pada 11 November 2012, di area parkir JIExpo, Kemayoran, Jakarta.

Lewat aktivitas “Daihatsu Sensasioli” yang digelar pada November 2012 lalu, Daihatsu ingin meningkatkan kedekatan sekaligus sebagai engagement dengan konsumen setianya.

Acara tersebut disuguhkan bagi konsumen Daihatsu sebagai bentuk customer engagement dengan mengusung konsep pemecahan rekor MURI (Museum Rekor Indonesia) untuk kategori "Ganti Oli Mobil Terbanyak dan Tercepat", dengan target awal kendaraan sekitar 1.050 mobil dalam waktu maksimal 105 menit. Faktanya Daihatsu berhasil melibatkan lebih banyak peserta, tidak kurang dari 1.672 pemilik mobil Daihatsu dari Jakarta, Depok, Tangerang, dan Bekasi mendaftarkan diri menjadi peserta event ini.

Para peserta bisa menyaksikan sendiri bagaimana 500 teknisi Daihatsu memperlihatkan keahlian, kecepatan, dan kerjasama tim dalam menyelesaikan tantangan pemecahan rekor penggantian oli mobil terbanyak yang ada di Indonesia.

Diungkapkan Suparno Djasmin, CEO PT Astra International-Daihatsu Sales Operation, puncak perhelatan akbar acara ini terletak pada proses penggantian oli mobil para hadirin yang datang. Namun karena keterbatasan jumlah tenaga mekanik, penggantian oli hanya melibatkan 1.172 kendaraan dengan waktu kurang dari 105 menit dari total 1.672 yang mendaftar.

Menurut Amelia Tjandra, Marketing Director PT Astra Daihatsu Motor, Daihatsu melakukan pendekatan kepada konsumen dengan melibatkan mereka ke dalam event. “Kami meng-engage konsumen dalam bentuk komunikasi interaktif kooperatif yang berujung kepada publisitas positif,” katanya dalam sebuah sesi wawancara dengan MIX.

Sebagai merek yang memposisikan diri sebagai kendaraan family oriented, Daihatsu menghadirkan band musik Teamlo dan Duo Maia untuk menghibur para pengunjung, yang mayoritas adalah keluarga. Selain itu, untuk anak-anak, Daihatsu juga menghadirkan Kid's Zone, Sand Painting, Face Painting, dan kegiatan mewarnai gambar.

Juri "The Most Impactful Brand Activation" 2013 Fary Farghob menilai ide dari activation ini simpel. Namun, impresif dari segi skala rekor dan menjadi menarik sebagai aktivasi utama dari Daihatsu Anniversary ke 105. Persepsi positif mengenai Daihatsu, katanya, dapat diperkuat, baik untuk yang 1050 mobil yang berpartisipasi langsung, maupun yang ter-cover amplifikasinya.

Sementara juri lainnya, Yessy Lestarina berpendapat, ide penggantian oli tercepat dengan MURI menarik untuk menggambarkan ketangkasan tim Daihatsu. Hanya saja, katanya, event ini terasa terlalu "one time off” dan tidak disertai strategi kelanjutan untuk memperluas impact.

Leave a Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)