Best of the Best Indonesia Marketing PR Program 2013: Co-Branding Garuda Indonesia & Liverpool FC

Sepak bola menjadi magnet kuat untuk menarik khalayak ramai, dalam bentuk eksekusi apapun dan bagaimanapun. Tak heran kalau Garuda Indonesia memanfaatkan euphoria bola ini untuk menggelar kampanye pemasarannya lewat program “Garuda Indonesia & Liverpool FC Experience”. Flagship Carrier Indonesia ini bahkan berani mengontrak Liverpool selama tiga tahun untuk kampanye ini.

Program “Garuda Indonesia& Liverpool FC Experience” berhasil mendapat respon positif dari publik, diantaranya di Facebook, dengan posting program mencapai 195.320 likes pada hari pertama kegiatan LFC & GA Experience, dan beragam respon 'mention' di Twitter yang melibatkan hingga 172.212 user.

Sejak program digulirkan pada September 2012 lalu, sejumlah event dieksekusi dengan puncak event pertandingan sepak bola Indonesia Selection Team melawan Liverpool FC yang digelar di Stadion GBK, Jakarta, pada 20 Juli 2013. Acara ini berhasil menghadirkan lebih dari 78 ribu penonton.

Ada tiga obyektif yang dipatok Garuda Indonesia pada pelaksanaan program “Garuda Indonesia & Liverpool FC Experience” ini. Objektif pertama adalah untuk memperkuat Global Brand Awareness yang mengacu kepada segmen pasar internasional. Objektif kedua, adalah untuk Brand Positioning as One of The Leading Airlines From Indonesia. Dan objektif ketiga adalah untuk Business Expansion to The International Market, antara lain didukung juga dengan pembukaan rute baru, Jakarta-London, demi meningkatkan segmen pasar di Eropa.

"Garuda Indonesia dan Liverpool Experience adalah satu-satunya Liverpool co-brand area dunia, dan merupakan langkah Garuda Indonesia untuk membawa fans di Indonesia lebih dekat dengan klub sepak bola favorit mereka,” kata Direktur Utama Garuda Indonesia, Emirsyah Satar.

Dalam program ini, Garuda menerapkan strategi PR terintegrasi, di antaranya, Special Campaign berupa pemasangan logo pada Light Emitting Diode (LED) di sisi lapangan stadion Anfield; Special Event berupa launching program bersama direksi Garuda dan Liverpool FC sekaligus “nonton bareng” saat pertandingan; kegiatan Media Relations lewat Media Gathering, Press Conference, Story Pitch & Media Mapping; serta Social Media Enchancement berupa optimalisasi akun Twitter dan Facebook milik Garuda lewat beragam konten yang terkait dengan program.

Program ini berhasil membukukan sekitar 75 artikel memuat acara launching GFF Card Special Edition Liverpool FC serta membahas kedatangan Liverpool FC di Bandara Halim Perdanakusuma yang tiba dengan menggunakan pesawat Garuda. Sekitar 65 artikel tercatat mengulas tentang peresmian LFC dan GA Experience, serta Coaching Clinic bersama pemain legenda Ian Rush.

Tidak hanya itu, berdasarkan evaluasi dari tracking social media mengenai “Garuda Indonesia & Liverpool FC Experience", kampanye tersebut mendapat respon positif dari publik. Salah satu parameter keberhasilannya, terlihat di Facebook, dengan posting program mencapai angka 195.320 likes, tepat di hari pertama kegiatan LFC & GA Experience. Sementara itu, beragam mention di Twitter sanggup mencapai 172.212 user.

Tak pelak, apa yang dilakukan Garuda Indonesia telah memikat hati para Juri di gelaran tahunan Majalah MIX MarComm, “PR Program of The Year 2013”. Program “Liverpool FC & Garuda Indonesia Experience” didaulat menjadi pemenang pertama di kategori Marketing PR. “Apa yang dilakukan Garuda menarik untuk dikaji sebagai kegiatan Marketing Public Relation,” yakin Felix Jebarus, salah satu juri.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)