Bidik Pasar Phablet, HTC One Max Resmi Dirilis

HTC resmi merilis phabletsmartphone berukuran tablet (5-8 inci)—hybrid terbaru, yaitu One Max, secara global pada Rabu (16/10) ini. Setelah rumor yang beredar mengenai kehadirannya, produk terbaru HTC ini merupakan perangkat yang diklaim berukuran lebih besar dengan beberapa perubahan desain.

Oktober 2013 ini, HTC One Max resmi diluncurkan, dan diperkirakan akan dibanderol sekitar USD 750.

Di Indonesia, pasar Phablet – hybrid sejatinya merupakan varian produk baru dari smartphone dengan pertumbuhan yang terus meningkat. IDC mencatat pasar Phablet menguasai 8% dari total 6,8 juta ponsel yang dikapalkan hingga akhir tahun 2012, dan diprediksi hingga akhir tahun 2013 akan berada di kisaran jumlah 8,5 juta unit ponsel pintar.

Menyasar segmen pasar yang hampir sama dengan kompetitor terkuatnya yaitu Apple dan Samsung, HTC One Max diperkuat dengan bentang layar 5,9 inci yang mendukung resolusi Full HD. Layar tersebut jauh lebih besar dibandingkan HTC One yang memiliki ukuran 4,7 inci.

Dilihat dari spesifikasi hardware, HTC One Max tidak terlalu jauh dari produk “kakaknya” HTC One, yaitu menggunakan prosesor Snapdragon 600 1,7 Ghz dari Qualcomm yang dikombinasikan dengan RAM 2 GB. Ia memiliki baterai yang lumayan besar sekitar 3.300 mAh. Dengan kekuatan tersebut, produk ini pun berjalan dengan sistem operasi Android 4.3 Jelly Bean dengan interface buatan sendiri – Sense versi 5.5. Kemudian, dari sisi kamera, HTC One Max diperkaya dengan Ultrapixel 4 MP.

Selain itu, seperti dikutip dari The Verge, Rabu (16/10/2013), hal yang menarik dari produk ini adalah dibenamkannya sensor pemindai sidik jari yang kurang lebih sama dengan fitur kompetitor. Komponen ini terletak di bagian belakang, tepat di bawah lensa kamera. Fungsinya, untuk membuka dan mengunci perangkat. Pengguna juga dapat memanfaatkan sensor ini untuk membuka aplikasi.

Darwin Lie, Market Analyst IDC Indonesia, “Meningkatnya pemakaian perangkat tablet dengan layar yang lebih kecil memberikan gambaran adanya potensi untuk pasar “Phablet”, dimana 75% dari total tablet yang dikapalkan pada tahun 2012 memiliki ukuran layar antara 7 – 8 inci. Perangkat Phablet menawarkan solusi menarik bagi mereka yang mencari fungsi tablet dalam ponsel pintar mereka, seiring dengan harga yang juga semakin terjangkau”, jelas Lie.

HTC One Max direncanakan akan mulai beredar di pasaran Inggris dan China sejak minggu ketiga bulan Oktober 2013. Sementara, pasar Amerika Serikat baru akan mendapatkannya menjelang akhir tahun 2013. Produk terbaru HTC tersebut, diperkirakan ia akan dibanderol sekitar 750 dollar AS.

Leave a Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)