Headline

Dari Promotion Marketing ke Engagement Marketing

Tetapi dalam dunia yang dipenuhi dengan fenomena pasokan yang seakan tanpa batas, produk yang luar biasa dan merek yang menyenangkan tidak lagi cukup. Untuk mendapatkan keunggulan dibandingkan pesaing, perusahaan juga perlu memberikan layanan yang luar biasa.

Demikian pula dengan komunikasi merek dengan pelanggannya. Sampai beberapa tahun lalu, komunikasi yang efektif bisa hanya dilakukan melalui pengiriman pesan dan kemudian menerima pesan.

Pengelola merek cukup menyampaikan atau menginformasikan produk dengan atributnya kepada konsumen sudah cukup. Kalau menginginkan tanggapan balik dari pelanggannya, perusahaan cukup membuka layanan keluhan yang bisa jadi tanggapan atas keluhan itu bisa ditunda lama. Konsumen sabar menunggu.

Namun sekarang berubah. Salah satu slogan yang paling umum di dunia ritel saat ini adalah orang tidak membeli barang, mereka membeli pengalaman.

Sudah menjadi rahasia umum bahwa lanskap ritel menjadi semakin kompetitif. Toko fisik menghadapi tantangan tidak hanya dari toko fisik lainnya tetapi juga dari toko online yang jumlahnya terus bertambah.

Sebagai tanggapan, pengecer toko fisik memberikan experience. Toko fisik mendesain ulang lokasi mereka sehingga pembeli menerima pesan yang dirancang khusus untuk mereka.

Kesamaan perusahaan minuman, pengecer fesyen dan penyedia layanan teknologi saat ini adalah masing-masing melihat lingkungan ritel fisik dalam konteks pengalaman pembelanja.

Pemasar perusahaan-perusahaan tersebut sepakat tentang pentingnya memberikan pengalaman positif sebagai salah satu pembeda. Coca-Cola misalnya menciptakan pengalaman ritel dengan menyediakan “points of inspiration” bagi pembeli.

Teknologi mengubah perilaku belanja. Ketika orang-orang mengubah perilaku mereka, pemasar, tenaga penjualan, dan layanan pelanggan bereaksi.

Alih-alih memikirkan pengalaman berselancar belanja melalui desktop, pengalaman seluler, pengalaman tablet, dan pengalaman Apple Watch, pemasar mengejar pendekatan holistik – pengalaman saluran omni yang dapat digunakan pelanggan kapan pun mereka mau.

Pelanggan saat ini ada
di mana-mana – online dan offline. Mereka bergerak leluasa dari satu saluran ke
yang lain, melompat dari email, ke Facebook, ke blog favorit mereka, ke situs
web Anda, lalu kembali ke media sosial. Semuaya berlangsung tanpa kehilangan
momentum, dan dari perangkat apa pun yang mereka gunakan.

Page: 1 2 3 4 5

Edhy Aruman

Edhy Aruman - Wartawan Utama (2868-PWI/WU/DP/VI/2012...), pernah menjadi redaktur di majalah SWA. Sebelum di Swa, Aruman pernah meniti karier kewartawanan di harian Jawa Pos, Berita Buana, majalah Prospek, Harian Republika dan editor eksekutif di Liputan 6 SCTV, sebelum pindah ke SWA (http://www.detik.com/berita/199902/990212-1319.html). Lulus S3 Komunikasi IPB, Redaktur Senior Majalah MIX, dosen PR FISIP UI, dosen riset STIKOM LSPR Jakarta, dan salah satu ketua BPP Perhumas periode 2011-2014.

Recent Posts

Pin J Hadirkan Solusi Keuangan Inovatif bagi Pekerja Gig Indonesia

MIX.co.id – Di Indonesia, sekitar 60% tenaga kerja, atau setara dengan sekitar 83 juta orang,…

16 hours ago

Usung Teknik Pemijatan Sato Tsuyoshi, OSIM Luncurkan Kursi Pijat dengan Harga Terjangkau

MIX.co.id - Produsen alat kesehatan dan wellness, OSIM, berkomitmen untuk terus menyediakan produk canggih yang…

18 hours ago

Q1 2024, WOM Finance Cetak Laba Sebelum Pajak Senilai Rp 86 Miliar

MIX.co.id - WOM Finance, anak perusahaan PT Bank Maybank Indonesia Tbk., telah mencatatkan kinerja positif…

1 day ago

Literasi Industri Keuangan Non-Perbankan Masih Rendah, IFG Luncurkan Buku terkait Asuransi dan Dana Pensiun

MIX.co.id - Indonesia Financial Group (IFG)--Holding BUMN Asuransi, Penjaminan, dan Investasi--berkolaborasi dengan Lembaga Penyelidikan Ekonomi…

1 day ago

Indonesia Tuan Rumah Penyelengaraan Workshop Global ITU 2024

(Kiri ke Kanan) Head Capacity & Digital Skills Development International Telecommunication Union (ITU) Susan Teltscher,…

1 day ago

10 TREN MARCOMM TERKINI YANG MEWARNAI INDUSTRI DI INDONESIA

Dari konferensi pers hingga interaksi langsung, Indonesia MarComm 2024 yang diadakan oleh Majalah MIX-Marcomm telah…

1 day ago