Transformasi, 3M Terapkan Market-Centric di 2016

3M Indonesia Karina Chavez Rodriguez - President Director PT 3M Indonesia saat memberikan presentasi singkat mengenai transformasi bisnis 3M di 2016.

Sepanjang tahun 2015 lalu, perusahaan multinasional 3M berhasil menembus penjualan sebesar USD30,3 miliar secara global. Tahun ini, demi menjaga daya saing serta untuk efisiensi operasional, 3M fokus menerapkan pendekatan perusahaan berbasis market-centric, dari yang sebelumnya berbasis bussiness-centric.

Diungkapkan Karina Chavez, Presiden Direktur 3M Indonesia, pendekatan tersebut sejalan dengan upaya kami untuk mengarahkan perusahaan mencapai kesuksesan jangka panjang dengan memperkuat portofolio, kemampuan penelitian dan pengembangan (Research & Development) dan proses bisnis itu sendiri.

“Dalam sistem operasional 3M sebelumnya, sudut pandang divisi bisnis kami sebagian besar didasarkan pada produk. Dan ternyata pendekatan tersebut bukanlah kondisi yang efektif dalam melayani konsumen kami melalui berbagai solusi inovatif yang kami tawarkan. Perubahan menjadi market-centric ini adalah solusi bagi kami untuk menjadi perusahaan yang lebih fokus terhadap konsumen loyal kami. Untuk mencapai itu, 3M kini memiliki empat market center, yaitu Industrial & OEM, Infrastructure, Construction and Energy, Healthcare, serta Consumer Retail,” paparnya.

Lebih lanjut, Karina menjelaskan bahwa perpaduan ini juga memungkinkan 3M untuk memantau dan mengontrol penggerak-penggerak utama perekonomian dan menentukan strategi investasi terbaik dengan menggunakan portofolio 3M yang sesuai. Misalnya, bisnis Industrial & OEM didorong oleh spesifikasi produk besar dalam organisasi sektor swasta, di mana kebijakan industri dan ekspor menjadi pengendali pasar utama.

Di sisi lain, Infrastructure, Construction and Energy didasarkan pada proyek-proyek besar, yang seringkali diatur dalam peraturan pemerintah untuk menggunakan produk berspesifikasi tertentu, sehingga pengajuan penawaran (tender) yang sesuai kepada pemerintah menjadi lebih penting. Secara khusus, Healthcare, berfokus mengenai kesehatan, rumah sakit, klinik, dokter gigi dan menjadi media utama untuk mengomunikasikan bahwa pada setiap produk 3M memiliki nilai tambah tersendiri. Sementara, Consumer Retail adalah market center yang menaungi berbagai produk 3M yang dapat diperoleh oleh pengguna langsung, baik itu di supermarket, apotek, toko peralatan rumah, dan lain sebagainya.

"Kami tetap yakin akan masa depan 3M di Indonesia, terlepas dari semua perubahan dinamis yang terjadi dalam pasar bisnis dunia. Ke depannya, segala yang kami lakukan akan berfokus untuk memajukan bisnis yang sejalan dengan rencana pengembangan Indonesia oleh pemerintah, sambil mengembangkan dan memperkuat tim kami," tutup Karina.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

1 thought on “Transformasi, 3M Terapkan Market-Centric di 2016”

3M ini banyak juga ya bisnisnya. saya pikir cuma di peralatan kantor sama perawatan mobil saja.
by angga, 30 Jan 2016, 18:23

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)