Strategi PR Indosat Hadapi Kontroversi Iklan @IndosatMania

Pedekatan Public Relations (PR) dipilih manajemen Indosat untuk menjawab kecaman warga Bekasi atas iklannya yang dinilai melecehkan. Paska menuai kecaman, tim PR Indosat langsung melakukan langkah recovery. Iklan Indosat dengan pesan komunikasi “Liburan ke Aussie Lebih Mudah Dibanding ke Bekasi”, langsung ditarik. Kreatif iklan pun diganti.

 Fuad Fachroeddin selaku Group Head Corporate Communication bersilaturahmi dengan Komarudin Ibnu Mikam selaku perwakilan Budayawan Bekasi (9/1). Fuad Fachroeddin selaku Group Head Corporate Communication Indosat bersilaturahmi dengan Komarudin Ibnu Hikam selaku perwakilan Budayawan Bekasi (9/1), terkait iklan Indosat yang dinilai menghina warga Bekasi

“Iklan Indosat itu sebenarnya sudah tayang pada saat liburan, 23 Desember 2014. Kami tidak pernah berniat untuk melecehkan warga Bekasi maupun elemen yang ada di Bekasi. Kami khilaf, untuk itu kami minta maaf,” ungkap Adrian Prasanto, Manager PR PT Indosat Tbk, yang dihubungi MIX hari ini (10/1).

Sebagai langkah pertama, diungkapkan Adrian, Indosat langsung menarik iklan tersebut dari akun twitter @IndosatMania pada 5 Januari 2015. Iklan pun diganti dengan pesan komunikasi yang baru. Bersamaan dengan turunnya iklan tersebut, lewat akun @IndosatMania, Indosat juga menayangkan permohonan maaf kepada masyarakat akan iklan yang dianggap melecehkan warga Bekasi itu.

Langkah kedua, Tim PR Indosat menyebar rilis ke berbagai media, terutama ke sejumlah media lokal Bekasi yang menurunkan tulisan tentang isu iklan Indosat yang dianggap menghina. "Dengan ini kami meminta maaf karena tidak pernah ada maksud untuk menyinggung pihak manapun dalam medium kami berpromosi. Iklan tersebut juga sudah ditarik segera setelah kami menyadari dampak yang ditimbulkannya. Kami sangat berterima kasih atas kritik dan saran dari warga Bekasi serta masyarakat pada umumnya, yang senantiasa kami jadikan koreksi agar ke depannya kami dapat menjadi lebih baik, " kata Presiden Direktur & CEO Indosat, Alexander Rusli, dalam pers rilis yang diterima MIX.

Langkah ketiga, tepat pada 9 Januari 2015, sejumlah petinggi Indosat menyambangi sejumlah tokoh Bekasi seperti Budayawan Bekasi Komarudin Ibnu Hikam serta berbagai elemen masyarakat Bekasi, termasuk LSM di sana. Pada kesempatan itu, Head Group of Marketing Communication PT Indosat Tbk. Toni Darusman, Group Head Corporate Communication PT Indosat Tbk Fuad Fachroeddin, dan Head of Sales Area Bogor-Depok-Tangerang-Bekasi PT Indosat Tbk Soejanto Prasetya, hadir dan meminta maaf secara tulus atas penayangan iklan kontroversial tersebut.

“Pertemuan yang berakhir hingga tengah malam itu, berlangsung dengan baik. Mereka pun mau menerima permohonan maaf dari kami. Bahkan, kami melakukan foto bersama sambil berpelukan,” ungkap Adrian.

Hasil pertemuan dan foto tersebut, selanjutnya Indosat tayangkan di akun resmi @IndosatMania. “Tokoh Komunitas Lintas Budaya Bekasi menerima permohonan maaf dari Indosat saat silaturahmi Jumat kemarin #DamaiItuIndah,” demikian bunyi cuitan akun @Indosatmania. Hasil pertemuan itu juga dikemas Tim PR Indosat lewat pers rilis, yang kemudian disebar ke berbagai media.

Masih belum cukup. Langkah keempat, besok (Minggu) 11 Januari 2015, Indosat siap menggelar kampanye simpatik di area car free day Bekasi. Dalam kesempatan itu, Indosat ingin terus meningkatkan kerja sama yang selama ini telah terjalin sangat baik antara Indosat dengan Pemda Bekasi. Di antaranya Program Car Free Day, ajakan "Jaga Kebersihan" dalam penataan Tempat Sampah berlogo Indosat, dukungan terhadap Medina Warda Aulia, atlet catur dan grand master perempuan Indonesia yang juga warga masyarakat Bekasi, maupun dukungan kegiatan Pemda Bekasi lainnya.

Langkah kelima, Senin, 12 Januari 2015, para petinggi Indosat akan sowan menemui Walikota Bekasi. Selain Toni Darusman, Fuad Fachroeddin, dan Soejanto Prasetya, Direktur & CEO PT Indosat Tbk Alexander Rusli akan hadir sekaligus memimpin langsung permohonan maaf tersebut.

Hasilnya? Pendekatan PR Indosat terhitung efektif. Terbukti, sentimen negatif seputar iklan Indosat pun menurun. Bahkan, sentiment negatif mampu berganti menjadi positif. Tengok saja sejumlah cuitan pemilik akun twitter paska perjumpaan itu. Akun @Ayah_Ahmadin misalnya, menulis, “Salut dengan Indosat yg sudah minta maaf scr langsung kepada masyarakat bekasi.”

Begitu juga dengan akun @alidabdul yang menyanjung kebesaran hati Indosat untuk meminta maaf. “Sbg brand besar Indosat secara jantan minta maaf ke warga Bekasi, & sebaliknya warga Bekasi jg uda maafin. Km ckp jantan ga? #DamaiItuIndah,” demikian cuitan akun @alidabdul.

Akun @Adiitoo tak mau ketinggalan. Ia ikut menyanjung Indosat. “Salut. Indosat lgsg minta maaf ke warga Bekasi, dan warga Bekasi pun berkenan untuk menerima maafnya. Ya, #DamaiItuIndah ada benarnya,” demikian isi cuitannya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)