Berbicara soal belanja online, konsumen di perkotaan memang masih lebih mendominasi dibanding kota-kota kedua atau pedesaan. Namun, potensi pasar e-commerce di kota-kota kedua dan pedesaan terus bertumbuh. Bahkan, menurut Rezki Yanuar, Country Brand Manager Shopee, di setiap daerah memiliki kategori produk favorit tertentu.
Peluncuran program '12.12 Birthday Sale' di Jakarta, Rabu (28/11).
“Target kami, Shopee ingin menjangkau seluruh pelosok Indonesia. Saat ini, konsumen kota besar sudah lebih aware dengan Shopee dan belanja online. Untuk itu, sampai tahun depan, fokus edukasi kami masih ke kota-kota kedua dan daerah pedesaan,” ungkap Rezki.
Tahun ini, lanjutnya, Shopee telah mencapai pertumbuhan signifikan. Sampai saat ini, Shopee mencatat sekitar 74 juta unduhan di Indonesia. Angka tersebut memperkuat posisi Shopee sebagai aplikasi belanja online nomor satu di Google Play dan App Store.
Untuk itu, Shopee melanjutkan kesuksesan program Kampus Shopee dengan menggelar rangkaian edukasi untuk membantu pengusaha lokal dalam meraih kesuksesan di bisnis e-commerce. Tercatat lebih dari 30.000 peserta di lebih dari 30 kota yang ikut berpartisipasi dalam program tersebut.
Shopee juga akan menghadirkan metode cash on delivery (COD). Metode ini akan semakin layanan pembayaran Shopee, terutama untuk menjangkau konsumen baru yang masih belum yakin untuk berbelanja online.
“Untuk metode COD, yang penting adalah memilih partner yang tepat untuk menjangkau konsumen hingga ke daerah pelosok. Dalam hal ini kami bekerja sama dengan J&T,” terang Christin Juarto, Direktur Shopee Indonesia.
Menyambut program perayaan hari jadi Shopee yang ke-3 bertajuk '12.12 Birthday Sale', Shopee Indonesia kembali menggandeng grup musik asal Korea Selatan Blackpink. Kali ini, Shopee akan menghadirkan pengalaman maksimal kepada pengguna, penjual, maupun mitra brand setianya seperti Samsung, OPPO, Make Over, Maybelline, dan Johnson & Johnson.